ANALISIS FUNGSI EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SEKOLAH DASAR NEGERI PANDEANLAMPER 01 SEMARANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan ekstrakurikuler seni tari, dan fungsinya bagi sekolah serta bagi siswa di Sekolah dasar Negeri Pandeanlamper 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian yang terdapat dalam bab sebelumnya, maka pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan ekstrakurikuler seni tari di Sekolah Dasar Negeri Pandeanlamper 01 Semarang diawali dengan merumuskan latar belakang, tujuan, fungsi, visi-misi, biaya, sarana prasarana, dan guru atau pelatih ekstrakurikuler seni tari sehingga kegiatan ekstrakurikuler seni tari dapat menjadi wadah bagi peserta didik untuk menyalurkan bakat seni tari dan menyumbangkan kemampuan yang dimiliki. Adapun fungsi ekstrakurikuler seni tari bagi sekolah adalah untuk mempersiapkan personil grup tari dalam mengisi acara-acara di sekolah maupun untuk persiapan lomba-lomba seperti FLS2N tingkat SD. Sedangkan fungsi ekstrakurikuler seni tari bagi siswa yakni untuk melatih keterampilan dan keberanian siswa untuk tampil di depan orang banyak, selain itu dengan adanya ekstrakurikuler seni tari dapat melatih sikap cinta terhadap seni dan budaya daerah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arisyanto Prasena, dkk. 2018. Pembelajaran Ekstrakurikuler Tari Untuk Penanaman Karakter Bagi Siswa SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni. Vol.3, No.1 (diunduh 2 Mei 2020 pukul 15.23 WIB)
Inriyani Yayan, dkk. 2017. Peran Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.
Kumala, Nanda E, dkk. 2019. Ekstrakurikuler Tari Untuk Penguatan Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.3, No.2 (diunduh 26 November 2020 pukul 13.20 WIB)
Maryono. 2015. Analisa Tari. Surakarta: ISI Press
Moleong, J. Lexy. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Permendikbud. 2014. Undang-undang No 62 tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Permendikbud. (diunduh 01 Oktober 2019 pukul 11.25 WIB)
Pratiwi, Melda Intan. 2018. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Melalui Program Pengembangan Diri Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ponorogo. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhaya. 2016. Pendidikan Seni Sebagai Penunjang Kreatifitas. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni. Vol.1, No.1 (diunduh 12 Desember 2019 pukul 13.00 WIB)
Wiyani, Novan Ardy. 2013. Menumbuhkan Pendidikan Karakter di SD (Konsep, Praktek dan Strategi). Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.10138
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Septian Dwi Cahyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.