PENINGKATKAN KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SD NEGERI 3 WONOKERSO KECAMATAN PAKISAJI KABUPATEN MALANG TAHUN 2020

Suparmi Suparmi

Abstract


Supervisi klinis merupakan bentuk pelaksanaan supervisi difokuskan pada peningkatan mengajar guru dengan melalui siklus yang sistematik,dalam perencanaan,pengamatan,serta analisis yang intensif dan cermat tentang penampilan mengajar guru yang nyata. Tujuan kegiatan supervisi klinis adalah mengadakan perubahan dengan cara yang rasional serta memotivasi guru untuk memperbaiki semua kekurangan dalam mengajar Pelaksanaan supervisi klinis diharapkan mampu merubah semua kelemahan dan kekurangan guru,supervisor diharapkan dalam pelaksanaan supervisi agar bukan hanya mencari kekurangan dan kelemahan guru tetapi memberikan motivasi berupa solusi guna perbaikan dan peningkatan mengajar guru sehingga guru memiliki semangat motivasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan siklus I, II dan III. Sebelum penelitian dan diberikan supervisi klinis rata-rata nilai keteramplan dasar hanya mencapai 54%. Setelah diberikan perlakuan data menunjukkan peningkatan mencapai 81% pada siklus I, 85% pada siklus II dan 89% pada siklus III. Dari hasil penelitian disimpilkan bahwa dengan proses supervisi klinis menjadikan guru lebih termotivasi dan membantu memecahkan masalah.

Keywords


keterampilan dasar, supervisi klinis

Full Text:

PDF

References


Abror, Abd. Rahman, 1993, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: PT. Tiara Wacana

Ahmadi Abu dan Ahmad Rohani, 1991, Pengelolaan Pengajar, Jakarta: Renika Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi, Jakarta : Rineka Cipta.

Crow, L.D. & Alice Crow. 1989. Psychologi Pendidikan. Terjemahan Abd. Rachman Abror. Educational Psychologi. Yogyakarta: Nur Cahaya

Daryanto, 2011, Penelitian Tindakan Sekolah,Yogjakarta,Gava Media

Depdiknas, 2003.Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta.

Jerry H Makawimbang ,2013,Supervcisi Klinis Teori dan Pengukurannya, Bandung, Alfabeta.

Fanny, A. M. (2019, March). Analysis Of Pedagogical Skills And Readiness Of Elementary School Teachers In Support Of The Implementation Of The 2013 Curriculum. In International Conference on Bussiness Law and Pedagogy (Vol. 1, No. 1, pp. 59-63).

Lantip Diat Prasojo,2015,Supervisi Pendidikan,Yogjakarta,Gava Media

Lutan,Rusli ,2001.Azaz azaz Pendidikan Jasmani,Jakarta,Depdiknas.

Mulyasa,2009,Menjadi Guru Profesional,Bandung,Rosda

Syaodih S. Nana. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Subana dan Sudrajat. 200. Metodologi Penelitian. Jakarta: CV. Warna Agung.

Sudarwan Damin,2009,Menejemen dan Kepemimpinan Transformasional kekepalasekolahan,Jakarta,PT Rineka Cipta

Sudarwan Damin,2015,Profesi Kependidikan,Bandung,Alfabeta

Sudjana, Nana, 2002, Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru

Trianto Ibnu Badar,2015,Mendesain Model Pembelajaran,Inovatif,progresif dan Kontekstual,Premana Media ,Jakarta

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. Undang-Undang Guru Dan Dosen. Semarang : CV. Nusa Nusindo.

Via, Y. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Pendekatan Saintifik. Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 64(1), 49-57.

Wijaya Kusumah,2012,Penelitian Tindakan Kelas,Jakarta, PT Indeks

W.S. Winkan 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.11471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Suparmi Suparmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.