ANALISIS MULTIMEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI GALUHTIMUR 04 KABUPATEN BREBES

Syahrul Falah Rifai, Mudzanatun Mudzanatun, Kiswoyo Kiswoyo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis untuk mengetahui bagaimana. peningkatan hasil.belajar siswa dengan menerapkan media powerpoint pada.pembelajaran kelas III di SD Negeri Galuhtimur 04 kabupaten Brebes. Penelitian di analisis dengan metode kualitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan menggunakan angket kuesioner berupa pretest dan postest kemudian dibagikan ke peserta didik. Hasil belajar 16 peserta didik yang diperoleh berupa soal pre test dengan mendapatkan nilai dibawah 70 sebanyak 10 peserta didik, dan 6 peserta didik lainnya mendapatkan nilai 70 ke atas. Sehingga untuk hasil pembelajaran peserta didik masih rendah. Oleh karena itu peneliti mulai melakukan penelitian dengan melakukan penerapan media pembelajaran powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar. pada pelaksanaan pembelajaran tematik tema 6 sub tema 4 media pembelajaran powerpoint sudah menunjukan peningkatan dibandingkan dengan hasil pre test. Dalam konversi penilaian hasil belajar siswa dikategorikan sangat baik. Oleh karena itu, penelitian ini tidak perlu dilanjutkan lagi. Kesimpulan penelitian ini adalah media powerpoint dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Galuhtimur 04.


Keywords


hasil belajar, media powerpoint, pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Afiyanti, sarah hesti. (2016). Keefektifan Multimedia Powerpoint Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Perubahan Kenampakan Bumi Siswa Kelas Iv Sdn Harjosari Lor 03 Kabupaten Tegal.

Darmawan dan Wahyudin. (2018: 1). Model Pembelajaran di Sekolah. repositoryunj, 1.

Munib, A. 2012. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press.

Nurkholis. (2013: 25). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. ianpurwokerto, 25.

Ratnawati, D. (2020). Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Berbantu Media Powerpoint Melalui Zoom Kelas 5 SD Negeri Tlogorejo 2 Guntur Demak 2020-2021. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 6(1), 13–24. https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7284

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wina Sanjaya. (2005). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Fajar Interpratama Offset.

Vitha Aryani. (2017). vitha dwi aryani. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Powerpoint Mata Pelajaran Ipa Materi Rangkai Manusia Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Kanisius Gamping, 8.5.2017.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.11639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syahrul Falah Rifai

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.