Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI di SD Negeri Ngasinan Kabupaten Rembang pada Masa Pandemi Covid-19

Suwita Ningrum, Henry Januar Saputra, Veryliana Purnamasari

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar kontribusi bimbingan belajar orang tua pada masa pandemi covid-19 terhadap prestasi matematika siswa kelas VI SD Negeri Ngasinan. Pada penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental tipe one group pretest-posttest. Pada desain ini, pengujian dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum menerima perlakuan (pretest) dan setelah menerima perlakuan (posttest).Hasil analisis data hasil belajar pretest siswa menunjukkan bahwa memperoleh rata-rata 65,7. Sedangkan hasil posttest memperoleh rata-rata 88,5, selanjutnya dilakukan dengan uji gain ternormalisasi. Sehingga diperoleh gain 0,657. Dengan hasil analisis uji-t diperoleh thitung >  ttabel yaitu 12.060 > 1.717 dengan nilai signifikansi (2-tailed) p 0.000 < 0.05 H0 pada penelitian ini ditolak dan Ha diterima dimana terdapat perbedaan yang mencolok antara kedua test. Artinya kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang karena 0,3 ≤ g ≤ 0,7. Besarnya kontribusi bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VI dengan presentase 75% yang terdiri dari pemberian bimbingan, motivasi belajar, respon positif terhadap tugas sekolah, mengatur jam belajar, penyediaan fasilitas yang memadahi, dan membimbing dalam kesulitan belajar dari orang tua mereka.


Keywords


Bimbingan belajar orang tua; prestasi belajar; matematika.

Full Text:

PDF

References


Agung, Iskandar. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.

Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta, 2015.

Darsinah, dkk. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi FKIP. Surakarta: Badan Penerbit-FKIP UMS

Kusumaningrum, Betty. Dkk. 2020. “Pendampingan Orangtua dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Evaluasi Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Sekolah Dasar Copy Right. Vol. 04, No. 1.

Marsudi, Saring dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Surakarta: BP-FKIP UMS

Marsudi, Saring dkk. 2008. Psikologi Pendidikan. Surakarta: BP-FKIP UMS

Martono, Nanang. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Oktavia, Heni dan Abdul Halim. 2021. Pengaruh Pendampingan Belajar Orang Tua Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di SDN Duri Kepa 05. Jurnal Inovasi Penelitian, vol.2 no.3.

Purwanto, Ngalim. 2009. Ilmu Pendidikan Teoristis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono . (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfbeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rasdakarya.

Steen, L & Turner, R. (2007). Developing Mathematical Literacy. In Blum, W., Galbraith, p., Henn, HW, & Niss, M (Eds), Modeling and Aplication in Mathematics education-The 14th ICMY Study (pp285-294). New York: Springer.

W.S. Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.11693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Suwita Ningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.