KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS IV SDN KANGKUNG 01

Tantri Vedriati, Sunan Baedowi, Mira Azizah

Abstract


Kemampuan siswa masih kurang dalam membuat cerita dengan baik dan benar. Hal tersebut disebabkan pembelajaran yang kurang inovatif sehingga dalam pembelajaran siswa sulit untuk menumbuhkan minat dan motivasi belajar. Penggunaan model problem based learning dapat membantu siswa dalam pembelajaran menulis cerita pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model problem based learning efektif untuk keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IV SDN Kangkung 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-experimental design dengan desain one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kangkung 01. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 31 siswa yang diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, tes, dan dokumentasi. Data analisis menggunakan uji t. Berdasarkan uji t diketahui thitung > ttabel yaitu 4,832 > 2,042 maka Ha diterima. Diperoleh rata-rata rata pretest yaitu 67 dengan ketuntasan belajar klasikal 58,06% dan rata-rata posttest yaitu 80 dengan ketuntasan belajar klasikal 96,77%. Jadi model problem based learning efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IV SDN Kangkung 01.

Keywords


Model Problem Based Learning; Menulis, Cerita Pendek

Full Text:

PDF

References


Barrett, T. & Cashman, D. 2010. A Practitioners’ Guide to Enquiry and Problem-based Learning. Dublin: UCD Teaching and Learning.

D. Mulyasa. 2016. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Erianti, Butet. 2019. “Meningkatkan keterampilan menulis cerpen dengan model pembelajaran berbasis Masalah (PBL) pada kelas IX-4 SMPN 10 Batam Tahun Ajaran 2018/2019”. Vol 2 Nomor 2. https://e-journal.uin-suska.ac.id/index.php/IDJ/article/view/8274. Diakses 30 Oktober 2021

Ramadhani, Gusma Suci. 2016. “Pengaruh Model problem based learning (PBL) Berbantu Media Bergambar Berseri Terhadap Ketrampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang”. Vol. 5 No. 2. https://ejournal.unp.ac.id /index.php/pbs/article/view/9851. Diakses 1 Oktober 2021.

Sari, Anisa Puspita. 2021. “Keefektifan Model problem based learning Berbantu Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas III SD Negeri 01 Ringinarum”. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, dkk. 2022. “Analisis Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dan Teks Cerpen Siswa Kelas V pada saat Pembelajaran Daring”. Vol. 9 No. 1. https://ejournal.upo.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/44288/18401




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.12228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tantri Vedriati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.