EFEKTIVITAS MODEL TEAM GAMES TOURNAMENTS BERBANTU PAPAN FLANEL HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SD NEGERI TLAHAB KENDAL
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model team games tournaments berbantu papan flanel huruf terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1. Jenis penelitian ini berupa penelitian kuantitatif dengan metode penelitian pre-experimental design dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu keseluruhan siswa kelas 1 SD Negeri Tlahab Kendal. Sampel yang terdiri dari 17 siswa kelas I dengan teknik Probability Sampling berbentuk sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest yaitu 62,6 dan rata-rata posttest yaitu 74,7. Hal tersebut diperkuat dengan hasil analisis uji t bahwa thitung > ttabel yaitu 7,470 > 1,746 maka ditolak diterima sehingga terdapat efektivitas model team games tournaments berbantu papan flanel huruf terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Negeri Tlahab Kendal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2013. Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Fathurrohman, M. 2017. Model- Model Pembelajaran Inovatif. Ar-ruzz Media.
Irdawati; Yunidar; dan Darmawan. 2017. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), 1–14. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2918
Kahar, D. 2020. Pengaruh Penggunan Media Papan Flanel Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulan Siswa Kelas I SDN 19 Landang Kecamatan Erem. Pustakawan Amaluddin Zaihal, fabruari. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19016
Kurniaman, O., & Noviana, E. 2017. Metode Membaca SAS (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Di Kelas I SDN 79 Pekanbaru. Jurnal Primary, 5, 149–157.
Partijem. 2017. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Flannel Pintar Kelompok A TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 6, 83–91. https://journal.uny.ac.id
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan, Kuanitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, P. D. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. ALFABETA.
Sutrisna, G. N. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Dengan Media Kartu Kata Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Education Action Research, 1(2), 160. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12048
Tarigan, H. G. 2008. Membaca : Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (Angkasa (ed.); Edisi Revi).
Wicaksono, F. A., Listyarini, I., & Prasetyo, S. A. 2020. … Games Tournaments Berbantu Media Koper Kata Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sd Muhammadiyah 01 Kandangpanjang …. Seminar Pendidikan …. http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/1049
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.12260
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Auliyatul Fatkhiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.