Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Tahapan Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Kelas IV SD Negeri 2 Sumberagung

Herdiani Woro Dwi Satuti, Khusnul Fajriyah, Aries Tika Damayani

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan tahapan Polya dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun datar kelas IV SD Negeri 2 Sumberagung. Cara mengumpulkan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Tes tertulis dilakukan oleh seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Sumberagung untuk dapat diambil subjek penelitian. Wawancara dilakukan dengan subjek penelitian dan guru kelas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi sebesar 17,24% mampu memenuhi semua indikator pemecahan masalah menurut Polya, yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali sesuai dengan kriteria yang ada dalam masing-masing tahapan tersebut. (2) Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah sedang sebesar 65,52% mampu memenuhi 2 - 3 indikator  pemecahan masalah menurut Polya, yaitu memahami masalah, membuat rencana, dan melaksanakan rencana. (3) Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi sebesar 17,24% hanya mampu memenuhi indikator 1 dan 2 pemecahan masalah menurut Polya, yaitu cukup mampu dalam memahami masalah dan merencanakan pemecahan.

Keywords


Pemecahan Masalah, Tahapan Polya, Bangun Datar

Full Text:

PDF

References


Allen, C. E., Froustet, M. E., LeBlanc, J. F., Payne, J. N., Priest, A., Reed, J. F., Worth, J. E., Thomason, G. M., Robinson, B., & Payne, J. N. (2020). National Council of Teachers of Mathematics. The Arithmetic Teacher, 29(5), 59. https://doi.org/10.5951/at.29.5.0059

Arlis, S. (2013). PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. XIII(2), 113–122.

Juliansa, M. F., Kartinah, K., & Purwosetiyono, F. D. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X dalam Mengerjakan Soal Cerita pada Siswa Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 133–137. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4459

Krismiati, A. (2013). Penerapan Pembelajaran Dengan Pendidikan Matematika Realistik (Pmr) Secara Berkelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas X Sma. Infinity Journal, 2(2), 123. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.29

Kurnia, V. T., Damayani, A. T., & Kiswoyo, K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772

Muslina, & Apriani, D. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok. Nabla Dewantara, 4(2), 39–42. https://doi.org/10.51517/nd.v4i2.136

Mustika, A., & Riastini, N. (2017). PENGARUH MODEL POLYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD. 1, 31–38.

Robiantoro, W. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis menurut polya pada siswa kelas v sdn 2 plosorejo randublatung blora.

Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015:124). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Utari, Wardana, & Damayani. (2020). Analisis Kesulitan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 534–540. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162

Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Asesmen Kinerja Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education., 2(1), 445–452. https://doi.org/10.15294/ujme.v2i1.3322




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.12299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Herdiani Woro Dwi Satuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan indexed by  

     

 

Copyright of Wawasan Pendidikan 

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id