KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA GEOBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI 03 KARANGASEM
Abstract
Pada saat ini masih terdapat berbagai masalah pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan karena masih terdapat masalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 03 Karangasem. Salah satu hasil belajar yang masih rendah yaitu pada mata pelajaran matematika yang mempunyai KKM 70. Tujuan dilaksanakan penelitian pertama untuk mengetahui apakah model pembelajaran PBL efektif terhadap hasil belajar siswa, dan yang kedua untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model PBL berbantu media geoboard dalam materi bangun datar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan Pre-Eksperimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian menggunakan sampling jenuh karena. Penelitian dilaksanakan pada kelas IV dengan jumlah 34 siswa di SD Negeri 03 Karangasem. Pada teknik analisis data menggunakan uji Liliefors, Kesamaan rata – rata dengan menggunakan uji-t berpasangan dan uji n gain. Dengan diperoleh data uji-t diperoleh thitung = 59,58 dengan α = 5% dan df= n - 1 = 34 – 1 =33 doperoleh ttabel 2,03452. Jadi t hitung ≥ t tabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga model pembelajaran PBL berbantu Media Geoboard efektif terhadap hasil belajar matematika dalam materi bangun datar kelas IV SD Negeri 03 Karangasem.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Hermawan, Andri. 2019. "Keefektifan Model Pembelajaran Problrm Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar dilihat Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V." Skripsi(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Smarang) accessed Juni 2, 2022
Huda, M. 2018. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hosnan, M.2014."Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21".Jakarta:Ghalia Indonesia
Kemendikbut. 2018. "Senang Belajar Matematika Buku Guru". Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Munjarokah,Siti.2022."Keefektifan Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Materi FPB Dan KPK Siswa Kelas Iv SD Negeri Bogotanjung 02 Pati" skripsi (fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang).accessed Juni 2, 2022
Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Nurharani,Dewi.Sulis.Priyanto. 2016."Mari Belajar Matematika 4 Penddikan Matematika Untuk Kelas IV SD/MI.Surakarta: CV Usaha Mkmur.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesional Guru. jakarta Rajawali: Rajawali Pres
Sadiman, Arif S. dkk. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Slameto.2013. Belajar Dan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. 2013. Teori Beajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Susanto, A.2016."Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar".Jakarta:Kencana.
Suseno, Wawan, dkk. 2017. Peningkatan Keaktivan Dan Hasil Belajar Siswa kelas VIII Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua VariabelDengan Pembelajaran Kooperatif TGT. Journal Pendidikan, volume 2, 1298-1307. accessed 8 Agust 2022.
Suprijono.Agus. 2013. "Cooperative Learning". Yogyakarta Pustaka Belajar
Suwarto dan Slamet.Y. 2007. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Pers
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.12767
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Devy Anggraini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.