MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII A SMPN 2 KRATON TAHUN PELAJARAN 2021-2022 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas VIII.A SMPN 2 Kraton Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah: ”Bagaimanakah Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning peserta didik Kelas VIII.A SMPN 2 Kraton?”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (Action Research) yang dibagi ke dalam dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai guru mata pelajaran di Kelas VIII A di SMPN 2 Kraton. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA dapat ditingkatkan melalui Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning terbukti dari penilaian siswa terdapat peningkatan pada siklus I rata-rata nilai 76 dan pada siklus II rata-rata 84. Model pembelajaran ini dapat dilaksanakan oleh guru IPA karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan mengubah pemikiran peserta didik bahwa IPA kurang menarik menjadi lebih menarik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arie, Muhammad, & Zakiyah.2020. Strategi Pembelajaran Based Learning.Makasar:YAYASAN BARCODE.
Farhan, M., & Satianingsih, R. (2021). Problem Based Learning On Literacy Mathematics: Experimental Study in Elementary School. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(1), 118-128.
Hamzah B. Uno, 2007, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif.Pasuruan: PT.Bumi Aksara.
Hopkins, David. 1993. A. Teacher's Guide to Classroom Research. Second Edition. Philadelphia: Open University Press.
Supardi, Suharjono, Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta:ANDI Offset.
Ismail, 2002, Model-Model Pembelajaran, Pasuruan: TIM Kompetensi.
Joyce, B. and Marsha, Weil, 1996, Models of Teaching. 3rd. Ed. Singapore: Allyn and Bacon.
Juniarso, T. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap High Order Thinking Skills (HOTS) Mahasiswa PGSD UNIPA Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(2), 240-248.
Kusmaharti, D. (2022). PROBLEM-BASED LEARNING DIGITAL MODULE ASSISTANCE OF NUMERATION OF PROSPECTIVE ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 9(1), 24-27.
Mahendradhani.2021:12.Problem Based Learning.Bandung:IKAPI.
Nasution, S. 1989. Didaktik Azas-azas Mengajar. Bandung: Jermnas.
Natawidjaja, Rochman. 1985. Cara Belajar Peserta didik Aktif dan Penerapaannya Dalam Metode Pembelajaran, Pasuruan: Direktorat Jenderal Dikdasmen, Depdiknas.
Nina Lamatenggo, 2011, Menjadi Peneliti PTK Yang profesional, Pasuruan: Bumi Aksara.
Nuryani.Y, Rustam, 2007, ”Menyikapi Pembelajaran Biologi Mengahdapi Aabad 21. ”Makalah Seminar Biologi, Universitas Negeri Pasuruan.
Sagala, Syaiful, 2005, Konsep dan Makna Pembelajaran; Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar, Bandung: Alfabeta.
Sari, P. M., & Sulistyawati, I. (2021). Students’ Critical Thinking Ability on Solving 6th Grade Mathematical Problems at SD Hang Tuah 10 Juanda. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(2), 223-233.
Saifudin Azwar, 2006, Tes Prestasi Belajar.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Pasuruan: PT. Rineka Cipta,
Suharsimi Arikunto, 2006, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan,Pasuruan: Bumi Aksara.
Syaiful Bahri Djamarah, 2006, Strategi Belajar Mengajar, Pasuruan: Rineka Cipta.
Syamsiara, Indah, & Sari.2016. Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi: Sulawesi Barat.https://media.neliti.com/media/publications/240452-efektivitas-model-problem-based-learning-2dd31bd6.pdf
Tabrani Rusyan, 2000, Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.
Wahyudi, 2002, Tingkatan Pemahaman Peserta didik Terhadap Materi Pembelajaran IPA, (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, no.036, tahun ke-8,Mei, 2002).
Wardani, I. S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD Unipa Surabaya. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 170-178.
Yustitia, V. U. (2016). Efektifitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 4 Taman.
Yustitia, V., & Siswono, T. Y. E. (2021, June). Numeracy of prospective elementary school teachers: a case study. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1918, No. 4, p. 042077). IOP Publishing.
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.13072
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 ZUMROTUN NAJAKHAH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.