ANALISIS KUALITATIF TINGKAT STRES MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Heri Saptadi Ismanto, Husni Wakhyudin, Sunan Baedowi

Abstract


Penulisan skripsi merupakan suatu karya ilmiah yang mengajarkan mahasiswa untuk belajar mengkritisi suatu fenomena yang terjadi dalam kehidupan manusia secara ilmiah sesuai dengan ilmu yang didapat dalam disiplin ilmu masing-masing. Masalah yang sering muncul dalam proses pengerjaan skripsi antara lain mahasiswa yang tidak fokus pada judul penelitiannya, bingung terhadap latar belakang masalah, kurang mengerti terhadap teori-teori yang akan digunakan, kurang memahami metodologi penelitian, masalah saat mengumpulkan data, kesulitan dalam menganalisis data, serta kerumitan dalam membahas data secara sistematis dan terstruktur. bahwa seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, skripsi tetap menjadi pemicu stres yang dapat mempengaruhi proses penyususan skripsi bagi sebagian mahasiswa. Rumusan masalah dalam penelelitian ini bagaimana tingkat stres mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi? Sedangkan tujuan khusus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat stress mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Penelitian ini merupakan studi yang menggunakan metodologi kualitatif. Pendekatan kualitatif yang sangat sesuai adalah pendekatan kualitatif berjenis fenomenologi. Prosedur pengambilan data responden dilakukan dengan teknik snowball sampling yaitu peneliti dapat berinteraksi dengan sejumlah partisipan yang potensial, sumber data primer, dan lebih banyak pada Teknik observasi berperan serta, wawancara mendalam, dan angket atau kuisioner dari respon mahasiswa. Teknik analisis data adalah dengan presentase dan deskriptif analitik. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan triangulasi Teknik, dimana data yang diperoleh saling menguatkan data satu sama lain. Hasil penelitian diperoleh gambaran tingkatan skala atau prosentase kadar stres pada mahasiswa dalam menyusun skripsi dan faktor-faktor yang mempengaruhi munculnya gejala stress serta dampak dari stres tersebut.

Keywords


skripsi; stres; mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Alwisol. 2009, Psikologi Kepribadian, UMM, Press. Malang.

Apollo. 2007, Hubungan antara Konsep Diri dengan Kecemasan Berkomunikasi Secara Lisan pada Remaja. Manasa . Vol 1, No 1, Juni 2007 (17-32).

Arikunto, S. 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Azwar, S. 2012, Reliabilitas dan Validitas. Edisi 4. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Bandura, A. 1986, Social foundation of Thought and Action: A Social Cognitive Teory. Prentice Hall, Englewood Cliffs, NJ.

Bandura, A. 1997, Self-Efficacy. The Exercise of Control. US, New York.

Kuntjojo, 2009, Psikologi abnormal. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Minahan, J., & Rappaport, N. (2013). Anxiety in students: A hidden culprint in behavior issues. Cambridge: Harvard Education Press.

Muslich Mansnur.2009. Bagaimana Menulis skripsi?. Jakarta: Bumi Aksara.

Rosiana. D. (2016). Hubungan tingkat stres dengan keteraturan siklus menstruasi pada remaja kelas XII




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.15355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Heri Saptadi Ismanto, Husni Wakhyudin, Sunan Baedowi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan indexed by  

     

 

Copyright of Wawasan Pendidikan 

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id