ANALISIS KETERAMPILAN GERAK DASAR LOKOMOTOR SISWA SD KELAS I USIA 6-7 TAHUN DI SD NEGERI SAWAH BESAR 01 SEMARANG

Retno Mutia Nadianti, Asep Ardiyanto, Filia Prima Artharina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketrampilan gerak dasar lokomotor siswa SD kelas 1 yang berusia 6-7 tahun di SD Negeri Sawah Besar 01. Gerak dasar lokomotor merupakan keterampilan dasar dalam perkembangan motorik anak yang meliputi berjalan, lari, melompat, dan berlari dengan cepat. Jenis penelitian ini dilakukan oleh peneliti menggunakan metode kualitatif. Subyek penelitian melibatkan 29 siswa kelas I SD Negeri Sawah Besar 01 Data ketrampilan gerak dasar lokomotor dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas 1 di SD Negeri Sawah Besar 01 memiliki tingkat ketrampilan gerak dasar lokomotor yang bervariasi. Mayoritas siswa mampu melakukan gerakan dasar seperti berjalan dan lari dengan baik, namun masih terdapat beberapa siswa yang memiliki keterbatasan dalam melompat atau berlari dengan cepat. Hasil ini memberikan informasi yang berharga bagi guru dan sekolah dalam merancang program pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan individu siswa.


Keywords


keterampilan, gerak dasar, gerak dasar lokomotor

Full Text:

PDF

References


Anisa Herdiyana, G. P. W. P. (2016). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Yang Mengacu Pada Pembiasaan Sikap Fair Play Dan Kepercayaan Pada Peserta Didik. Jurnal Olahraga Prestasi, 12(1), 115109. https://doi.org/10.21831/jorpres.v12i1.9498

Arif, A. Z., & Nurrochmah, S. (2021, December). Studi kemampuan gerak lokomotor. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Vol. 1, No. 1, pp. 27-40).

br Sembiring, H. M. (2023). Pengembangan Alat Modifikasi Kids’ Athletics Pada Pembelajaran Pjok Di UPT SD Negeri 064959. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(2), 84-90.

Husdarta, J.S. 2011. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta Bandung.

Lillard, A. S., Hopkins, E. J., Dore, R. A., Palmquist, C. M., Lerner, M. D., & Smith, E. D. (2013). Concepts and theories, methods and reasons: Why do the children (pretend) play? Reply to Weisberg, Hirsh-Pasek, and Golinkoff (2013); Bergen (2013); and Walker and Gopnik (2013).

Norito, T. B., Putri, S. A. R., Putra, D. D., & Fajar, M. (2022). Penerapan Cooperative Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar pada Siswa Usia 7-8 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3889-3900.

Selpiyani, Y., & Darmayanti, N. (2023). Penerapan Permainan Estafet Bola Kertas Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak di RA Nurul Almi Arrafi. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(2), 396-406.

Sugiarto, Eko. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif. Skripsi dan Tesis. Suaka Media. Yogyakarta.

Susari, H. D., & Alfina, A. (2022, August). Peningkatan perkembangan fisik motorik kasar anak usia 3-4 tahun di TPA Insan Madani melalui stimulasi jalan-jalan pagi. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 988-995).

Wahyudi, N. I. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggiring Bola Dalam Permainan Sepakbola Melalui Bentuk Latihan Lari Zig-Zag Siswa Kelas IV SD Negeri Mamajang II Makassar

Wijayanto, Y., & Muhammad, H. N. (2014). Hubungan Anatara Tingkat Kesegaran Jasmani dengan Keterampilan Motorik (Kelincahan) Di SMP Negeri satu Atap Jabon (Studi Pada Kelas VII). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume, 2(2), 345–349.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.16131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Retno Mutia Nadianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan indexed by  

     

 

Copyright of Wawasan Pendidikan 

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id