Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas IV SDN 1 Tanggel
Abstract
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah pentingnya peran guru dalam proses pembelajaran. Guru perlu meningkatkan empat kompetensi yang harus dimiliki oleh tenaga pendidik. Salah satunya kompetensi pedagogik guru karena sangat berkaitan dengan pengelolaan pembelajaran peserta didik di dalam kelas. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui guru mengimplementasikan kompetensi pedagogik dalam Kurikulum Merdeka di kelas IV SDN 1 Tanggel. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian pada penelitian kualitatif ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kompetensi pedagogik guru dalam Kurikulum Merdeka di kelas IV SDN 1 Tanggel sudah terpenuhi secara menyeluruh. Dari ke sembilan indikator kompetensi pedagogik, ada dua indikator yang cukup baik. Sedangkan tujuh indikator yang lainnya sudah dilaksanakan dengan baik dan optimal sesuai dengan indikator yang harus dicapai dari kompetensi tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Linarwati, M., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. 2016. “Studi Deskriptif Pelatihan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Serta Prnggunaan Metode Behavioral Event Interview dalam Merekrut Karyawan Baru di Bank Cabang Kudus.” Journal of Management, 2 (2).
Peraturan Pemerintah. 2003. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2015 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Peraturan Pemerintah. 2005. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sekretariat Negara.
Peraturan Pemerintah. 2005. Undang-undang Nomor 19 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sekretariat Negara.
Peraturan Pemerintah. 2008. Undang-undang Nomor 74 Tahun 2015 tentang Guru. Jakarta: Sekretariat Negara.
Tabroni, I., Aisah, N. J., & Nurarita., N. 2022. “Merdeka Belajar Policy as a Strategy to Improbe Quality of Syaikhuna.” Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam, 13 (01), 1-2.
Sergeeva, M., Khvastunov, A., Latipov, Z., Stadulskaya, N., Ponkratenko, G., & Burovkina, L. 2020. Formation of pedagogic compementence of teachers of professional education organizations. Jurnal of Critical Reviews, 7(9), 528-532.
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.16583
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Giovani Marganing Ratri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.