ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 02 KUTA KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG

Kurnia Septiadi, Endah Rita Sulistya Dewi, Khusnul Fajriyah

Abstract


Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah pentingnya kemampuan belajar membaca permulaan pada siswa dijenjang SD. Selanjutnya ketrampilan membaca daianggap sangat penting bagi seorang siswa karena membaca merupakan salah satu aktifitas penting dalam hidup yang dapat dikatakan bahwa semua proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca. Penelitian ini bertujuan menganalisis kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Tujuan digunakannya metode kualitatif adalah untuk mendapatkan data yang mendalam. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, lembar keterampilan membaca siswa, dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan menunjukan kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa kelas 1 kesulitan membaca huruf alfabet, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan, kesulitan membaca kata, kesulitan membaca kalimat, kelancaran membaca. Simpulan dari penelitian ini adalah kesulitan membaca permulaan dikarenakan kurangnya minat belajar siswa dalam membaca, kurangnya bimbingan belajar dari orang tua dalam proses membaca permulaan, dan pengaruh faktor lingkungan dalam proses belajar membaca permulaan pada siswa.

           

Kata Kunci: analisis, kesulitan belajar, membaca permulaan.

 


Keywords


analisis, kesulitan belajar, membaca permulaan

Full Text:

PDF

References


Mumpuni, A., & Afifah, N. (2022). ANALISIS PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR. Buletin Ilmiah Pendidikan, 1(2), 73-80.

Muhammad Idrus. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: PT Erlangga.

Farida Rahim. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi

Nenden Wulansari. 2010. Hubungan Antara Dukungan Orangtua Dalam Belajar Membaca dengan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 SDN Bakti Jaya 3 Depok. Skripsi. Tidak diterbitkan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Masropah. 2014. Studi Deskriptif Jenis-Jenis Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar Kelurahan Sawah Lebar Lama Kota Bengkulu. Skripsi. Tidak diterbitkan. Universitas Bengkulu.

Rizkiana. 2016. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sd Negeri Bangunrejo 2 Kricak Tegalrejo Yogyakarta. Skripsi . Yogyakarta : Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Oktadiana, B. (2019). Analisis kesulitan belajar membaca permulaan siswa kelas II pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 5(2),143-164.

Mulyono Abdurrahman. 1996. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.16689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 kurnia rusdiyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.