URGENSI DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SEKOLAH DASAR DI INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan urgensi pendidikan karakter pada pendidikan sekolah dasar di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sistematic review dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter bertujuan untuk mendorong akhlak dan karakter siswa yang baik sebagai anak bangsa penerus dalam rangka mewujudkan kehidupan berbangsa yang adil, aman dan makmur. Sekolah menggunakan berbagai teknik untuk melaksanakan pendidikan karakter, antara lain a) keteladanan; b) pembiasaan; c) pengkondisian suasana sekolah, d) integrasi dalam proses pembelajaran dalam topik; dan e) integrasi melalui kegiatan ekstrakurikuler. Namun dalam penerapannya memiliki tantangan. Tantangan pada pemerintah seperti Ada 2 jenis tantangan dari pemerintah, yaitu kurangnya dukungan, dan tantangan dalam perencanaan, pemantauan, dan evaluasi. Tantangan pada sekolah yakni terkait dengan perencanaan program, terkait dengan pelaksanaan program, dan terkait dengan penilaian terhadap karakter siswa. Kemudian tantangan bagi orang tua adalah kurangnya dukungan orang tua dan tantangan keuangan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, I., Hudayana, B., Setiadi, Kutanegara, P. M., & Indiyanto, A. (2019). Beyond School Reach: Character Education in Three Schools in Yogyakarta, Indonesia. Journal of Educational and Social Research, 9(3), 145–159. https://doi.org/10.2478/jesr-2019-0032
Alawi, A. H. I. (2019). Pendidikan Penguatan Karakter Melalui Pembiasaan Akhlak Mulia (Studi SD IT Asy Syifa Kota Bandung). Jurnal Qiro’ah, 9(1), 17–29.
Amelia, M., & Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5548–5555. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1701
Aningsih, Zulela, M. S., Neolaka, A., Iasha, V., & Setiawan, B. (2022). How is the Education Character Implemented? The Case Study in Indonesian Elementary School. Journal of Educational and Social Research, 12(1), 371–380. https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0029
Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69–74. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102
Aulia, E. R. N., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya pendidikan karakter pada anak SD sebagai bentuk implementasi Pkn. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 43–53. https://ejournal.unisap.ac.id/index.php/edukasitematik/article/view/90
Dole, F. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3675–3688. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1026
Fathinnaufal, M., & Hidayati, D. (2020). The Implementation of Character Education in Elementary School. 1(2), 31–38.
Hayati, F. N., Suyatno, S., & Susatya, E. (2020). Strengthening of Religious Character Education Based on School Culture in the Indonesian Secondary School. The European Educational Researcher, 3(3), 87–100. https://doi.org/10.31757/euer.331
Hidayah, Y., Feriandi, Y. A., & Saputro, E. A. V. (2019). Transformasi Kearifan Lokal Jawa Dalam Pendidikan Karakter Sekolah Dasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 50. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i1a6.2019
Hidayati, N. A., Waluyo, H. J., Winarni, R., & Suyitno. (2020). Exploring the implementation of local wisdom-based character education among indonesian higher education students. International Journal of Instruction, 13(2), 179–198. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13213a
Iasha, V. (2022). How is the Education Character Implemented ? The Case Study in Indonesian Elementary School How is the Education Character Implemented ? The Case Study in Indonesian Elementary School. January. https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0029
Izzati, U. A., Bachri, B. S., Sahid, M., & Eka, D. (2019). Character Education : Gender differences in Moral Knowing , Moral Feeling , and Moral Action in Elementary Schools in Indonesia. 7(September), 547–556.
Jeynes, W. H. (2019). A Meta-Analysis on the Relationship Between Character Education and Student Achievement and Behavioral Outcomes. https://doi.org/10.1177/0013124517747681
Jhon, W. (2021). Challenges in the implementation of character education in elementary school : experience from Indonesia. 20(87), 1351–1363. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.01.130
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363
Pendidikan, C. (2020). CHARACTER EDUCATION FROM THE PERSPECTIVES OF ELEMENTARY SCHOOL. 39(2). https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.30647
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4331–4340. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1565
Pradana, D. A., Mahfud, M., Hermawan, C., & Susanti, H. D. (2021). Nasionalism: Character Education Orientation in Learning Development. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(4), 4026–4034. https://doi.org/10.33258/birci.v3i4.1501
Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 395. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211
Prihatmojo, A., & Badawi, B. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 142. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.41129
Putri, N. P. J. E., Artini, L. P., & Wahyuni, L. G. E. (2020). EFL Teachers’ Perception and Strategies for Integrating Character Education into the Lesson. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 53(1), 1. https://doi.org/10.23887/jpp.v53i1.19172
Ramadhani, S. P., Marini, A., & Sumantri, S. (2021). Bagaimana Pengelolaan Pendidikan Karakter Berbasis Islam Sekolah Dasar? Jurnal Basicedu, 5(3), 1617–1624. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/916
Rizky Asrul Ananda, Mufidatul Inas, & Agung Setyawan. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 83–88. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836
Safitri, K. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 264–271.
Saleh, M. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Inklusi. Hikmah: Journal of Islamic Studies, 17(2), 101. https://doi.org/10.47466/hikmah.v17i2.198
Santika, I. W. E. (2020). Efektifitas Pendidikan Karakter pada Pendidikan Sekolah Dasar. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.
Saputra, R. Y., Kurniawan, S. B., Rintayati, P., & Mindrati, E. (2021). Motif Batik dalam Pendidikan Karakter Pasa Siswa Sekolah Dasar Kabupaten Ngawi. Jurnal Basicedu, 5(2), 596–604. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.762
Saputro, D. J., & Murdiono, M. (2020). Implementation of Character Education through a Holistic Approach to Senior High School Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding (IJMMU), 7(1), 460–470. http://ijmmu.comhttp//dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v7i11.2146
Sari, N. K., & Puspita, L. D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Dikdas Bantara, 2(1), 257–266. https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.182
Sinta, L., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3193–3202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2326
Sofiasyari, I., Atmaja, H., & Suhandini, P. (2019). Pentingnya pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar di era 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1), 734–743. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/365
Suhartini, S., Sekarningrum, B., Sulaeman, M. M., & Gunawan, W. (2019). Social construction of student behavior through character education based on local wisdom. Journal of Social Studies Education Research, 10(3), 276–291.
Sukma, H. H. (2021). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital Dini. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis 41 Utp Surakarta, 1(01), 85–92. https://doi.org/10.36728/semnasutp.v1i01.13
Suriadi, H. J., Ahmad, R., Padang, U. N., & Barat, S. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. 3(1), 165–173.
Tsoraya, N. D., Khasanah, I. A., Asbari, M., & Purwanto, A. (2020). Literaksi : Jurnal Manajemen Pendidikan Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Moralitas Pelajar di Lingkungan Masyarakat Era Digital. xx(xx), 7–12.
Yusnan, M. (2022). Implementation of Character Education in State Elementary School. 5(2), 218–223.
Zulfikar, M. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1171
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.16882
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Marlena Andika Ratri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.