PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKER BOOK KELAS V PADA MATERI SIFAT – SIFAT BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG DI SDN NGOTET REMBANG
Abstract
Dari hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Ngotet Rembang menyatakan media yang digunakan guru hanya berupa papan tulis, buku matematika, dan alat peraga seadanya di sekolah,selain itu proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas lebih dominan menggunakan metode ceramah, sehingga menyebabkan terkesan membosankan serta kurang menarik bahkan monoton. Untuk mencegah hal tersebut dan untuk memperoleh hasil yang baik dalam proses pembelajaran maka proses pembelajaran harus ditunjang dengan media yang mendukung. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran Fun Thinker Book pada materi matematika sifat- sifat bangun datar dan bangun ruang untuk kelas V SDN Ngotet Rembang ?. 2) Bagaimana validitas pengembangan media pembelajaran Fun Thinkker Book pada materi matematika sifat – sifat bangun datar dan bangun ruang untuk siswa kelas V SDN Ngotet Rembang ?. Hasil kevalidan media pembelajaran Fun Thinker Book dinyatakan valid. Hasil validasi ahli media 94,45% dan ahli materi 86,4%. Diperoleh hasil presentase dari angket respon guru 93,75% dan angket respon siswa 94,34% dengan kategori “sangat baik”. Media Fun Thinker Book pada materi sifat – sifat bangun datar dan bangun ruang di kelas V SDN Ngotet Rembang yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
A Kusumastuti, AM Khoiron, T. A. (2020). Model penelitian kuantitatif.
Kusumawati, N. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model project based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik. Pena Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 23(1),
Sari. (2015). Pengembangan media pembelajaran fun thinkers book pada subtema 1 peristiwa kebangsaan masa penjajahan untuk kelas v. Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.
Saroh, KE, M. (2016). Pengembangan media flash card fun thinkers tematik sebagai pendukung pembelajaran saintifik pada siswa kelas II SD Nkarangtempel. :, 147(March), 11–40.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Nuansa, & Izza, R. N. (2020). Pengembangan media ultapro pada tema 4 subtema 1 kelas iv sekolah dasar.
Mesra, R. (2023). Research & development dalam pendidikan. In Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/D6Wck.
Ismiyanti, Y. (2016). Peningkatan kualitas pembelajaran ips melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis media visual di kelas iv sdn 02 temulus. Jurnal Pendas, 3(1), 1–6.
Sari, S. D. P. (2020). Manfaat media pembelajaran berbasis ict (information and communication technology) dalam pembelajaran bahasa indonesia. 1.
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.17059
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Lasaufa Yarda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.