PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU MEDIA KOKAMI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT SISWA KELAS IV SD NEGERI KAUMAN 03 BATANG

Santi Andini Yuningtyas, Fine Reffiane, A.Y Soegeng Ysh

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai mata pelajaran IPAS pada siswa kelas IV dan kurangnya variasi dalam metode dan media pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick berbantu media kokami terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SD Negeri Kauman 03 Batang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas IV SD Negeri Kauman 03 Batang (25 siswa). Desain penelitian adalah one group pretest-posttest design. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes siswa dari aspek kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari model pembelajaran talking stick berbantu media kokami terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata pretest adalah 56,20 dan rata-rata posttest adalah 73. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar setelah penerapan metode tersebut. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar penggunaan model pembelajaran talking stick berbantu media kokami dapat diimplementasikan oleh guru untuk menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan, sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara positif.


Keywords


Model Pembelajaran Talking Stick, Perubahan Wujud Zat, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdullah Sani, R. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Amalia, F., & Reffiane, F. 2020. "Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar". Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 1(3), 362-369.

Andriyani, N., & Suniasih, N. 2021. "Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Science Subjects on 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37-47.

Arikunto, S. 2003. Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Jakarta: Bima Aksara.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasrudin, F., & Asrul, A. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA di SD Inpres 16 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(2), 94-102.

Huda, F. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Upaya Penigkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia Kelas VI Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal PTK dan Pendidikan, 3(2).

Jojor, A., & Sihotang, H. 2022. "Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan)". Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 4, No. 4, 5150-5161.

Lidia, W., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. 2018. "Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS". Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(2) , 81-87.

Maufur. 2009. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR Ruzz Media.

Megita Rani, N. M., Ardana, I. K., & Oka Negara, I. G. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Tradisional Terhadap Kompetensi Pengetahuan IP Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Rosdakarya.

Nasution. 2013. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, 2. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Purnawanto, A. T. 2022. “Perencanaan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka”. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1), 75-94.

Rusiana, Y. 2014. "Penggunaan Media Kokami pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VA DN Darungan 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jamber". Pancaran, Vol. 3, No. 4, 184.

Rusman. 2018. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sahnan, M. 2017. Urgensi Perencanaan Pendidikan di Sekolah Dasar. Jurnal PPKn & Hukum, 12(2), 142–159.

Shoimin, A. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soegeng, A. Y. 2015. Prosedur Dan Teknik Menulis Karya Ilmiah. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Soegeng, A. Y. 2012. Pengembangan Sistem Pembelajaran. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Soegeng, A. Y. 2015. Evaluasi Hasil Belajar Pengetahuan Dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Umum.

Soegeng, A. Y. 2017. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Sudijono, A. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sundayana. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: AlfabetaA. Mimbar Ilmu, 24(3), 345-353.

Suprijono, A. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar .

Trianto, A. T. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatic, Progresif dan Kontekstual. Surabaya: Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.17061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 santi andini yuningtyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.