PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Ismi Dwi Sasmitha, Eka Sari Setianingsih, Choirul Huda

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik, kevalidan, dan kepraktisan produk pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research & Development) dan modifikasi dari tahapan penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 02 Blimbing. Pada Penelitian Pengembangan ini uji lapangan dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 02 Blimbing. Hasil penelitian diperoleh kevalidan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar berdasarkan hasil penilaian dari ahli media 94,45%  dan penilaian ahli materi 97,45% dengan kategori sangat layak/sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran dinyatakan praktis berdasarkan kesesuaian materi yang diberikan. Hal ini dibuktikan dengan hasil tanggapan guru 98% dan hasil tanggapan siswa 100%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis pendekatan saintifik valid dan praktis untuk digunakan.


Keywords


pengembangan media, powerpoint interaktif, pendekatan saintifik.

Full Text:

PDF

References


Anggreani, A.L., Huda, C., & Setianingsih, E.S. (2018). Pengaruh Strategi Card Sort Berbantu Media Gambar terhadap Prestasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 364-370.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 37.

Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291-299.

Ibrahim, N., & Ishartiwi, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android mata pelajaran IPA untuk siswa SMP. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1).

Indriani, Y., & Hidayati, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Prezi pada Materi Tumbuhan Sumber Kehidupan di Bumi Kelas IV SD. FONDATIA, 7(1), 211-221.

Nasution, L. M. (2017). Statistik deskriptif. Hikmah, 14(1), 49-55.

Saputri, A. A., Dina, L.N.A.B., & Zakaria, Z. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(3), 165-179.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.17413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ismi dwi sasmitha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.