PENGEMBANGAN BUKU AJAR MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA KELAS 6 TEMA 3 DI SD NEGERI PUDAK PAYUNG 01
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui langkah penyusunan buku ajar menulis teks eksplanasi menggunakan model mind mapping pada kelas 6 tema 3 di SD Negeri Pudak Payung 01, selain itu untuk mengetahui kelayakan buku ajar menulis teks eksplanasi bagi guru menggunakan model Mind Mapping sebagai alat bantu pada kelas 6 tema 3 di SD Negeri Pudak Payung 01 dan untuk mengetahui kepraktisan buku ajar menulis teks eksplanasi bagi peserta didik menggunakan model Mind Mapping pada kelas 6 tema 3 di SD Negeri Pudak Payung 01.Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau bisa disebut dengan Research and Development (RnD). Prosedur penelitian dan pengembangan ini melakukan penerapan prosedur ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahapan utama sesuai dengan singkatannya yaitu (A)nalysis, (D)esain, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation. Kelima tahapan ini dalam model ADDIE diterapkan secara sistematis dalam desain pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan buku ajar menulis teks eksplanasi menggunakan metode mind mapping kelas 6 tema 3 di SD Negeri Pudak Payung 01 dapat disimpulkan bahwa produk buku ajar menulis teks eksplanasi menggunakan metode mind mapping pada kelas 6 tema 3 di SD Negeri Pudak Payung 01. buku ajar menulis teks eksplanasi menggunakan metode mind mapping ini mencakup cover, daftar isi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, Latihan soal dan daftar pustaka. Buku ajar menulis teks eksplanasi menggunakan metode mind mapping menghasilkan nilai dari ahli materi dan ahli media sebesar 100%.Buku ajar menulis teks eksplanasi menggunakan metode mind mapping memperoleh respon guru sebesar 85%. Berdasarkan hasil tersebut maka, buku ajar menulis teks eksplanasi menggunakan metode mind mapping dapat diterima peserta didik dalam pembelajaran
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Daryanto, dan Dwicahyono. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PBH, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gva Media.
Faturrohman, Muhammad. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kosasih E, Kurniawan Endang. (2019). Jenis-jenis Teks. Bandung: Penerbit Yrama Widya.
Mau, P., Nurchasanah, N., & Martutik, M. (2019). Kearifan lokal nusa tenggara timur sebagai sumber bahan ajar menulis teks eksplanasi untuk siswa kelas xi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(5), 668-673
Pardiyono. (2007). PastiBisa. Teaching Genre-Based Writing.Yogyakarta: CV Andi Offset.
Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Tinjauan Teoretis dan Praktis. Jogjakarta: DIVA Press.
Pusat Perbukuan Depdiknas. (2006). Pedoman Penulisan Buku Ajar. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
Rukmi, A. S. (2021) Pengembangan Buku Suplemen Berbasis Mind Mapping Untuk Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal JPGSD. Volume 09 Nomor 02, Hal 1755 – 1769.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Soleha. 2017. Pengembangan Buku Suplemen Siswa Berbasis Multi Representasi Pada Materi Hukum II Newton [Skripsi]. Bandar Lampung (ID): Universitas Lampung.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.
Swadarma, Doni. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT Gramedia.
Windhiarty, Wiwin, dkk. 2017. Efektivitas Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Dengan Media Berbasis Adobe Flash Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Ilmu Budaya, 1 (4): 370
Zainurrahman. (2018). Menulis: dari teori hingga praktik. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i2.20075
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 vega nofitasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.