ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS IV SD NEGERI 1 LOGEDE KABUPATEN REMBANG

Fahri Amin, Wawan Priyanto, Sunan Baedowi

Abstract


Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan untuk berkomunikasi di seluruh dunia. Implementasi pembelajaran bahasa inggris di kelas IV SD Negeri 1 Logede belum sesuai dengan modul ajar yang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran bahasa Inggris di kelas IV SD Negeri 1 Logede. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi dengan mengobservasi pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris. Wawancara dengan guru kelas IV dan studi dokumentasi perangkat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dilakukan dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Evaluasi pembelajaran dilakukan dalam bentuk formatif berupa memberikan pertanyaan langsung terkait materi pembelajaran dan sumatif berupa SAS dan ATS. Kesimpulannya bahwa perencanaan dan evaluasi pembelajaran terlaksana dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru cukup sesuai dengan modul terbuka yang digunakan.

 


Keywords


Pembelajaran bahasa inggris; bahasa inggris

Full Text:

PDF

References


Afa, N. A. (2020). Pembelajaran Secara Tatap Muka Di Tengah Pandemi. 1800001129.

Ananda, R. (2019). PERENCANAAN PEMBELAJARAN.

Izzah, N., Asrizal, A., & Mufit, F. (2021). Meta Analisis Pengaruh Model Project based Learning dalam Variasi Bahan Ajar Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA/SMK. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 159–165. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.8970

Lestari, S., Adabi, N., Along, A., Suryantoro, B., Kusdyana, Y., Harsono, B., Saeroji, A., Kuswantoro, A., Ungu, R. B. M., Rustiana, A., Saraswati, K. M., Husna, J., Azan, KhairulSutarsih, C., Meirawan, D., Iskandar, D. P., Hayati, A. A., Sakdiyah, Y. L., dharma surya, Zulkhifli Amzyah, … Novieyana, S. (2022). Manajemen Kearsipan dalam Meningkatkan Layanan Administrasi Pendidkan di SMAN 2 Ponorogo. Jatengprov.Go.Id, 1(1), 212. https://books.google.co.id/books?id=unmMvOU4HZ8C%0Ahttps://jatengprov.go.id/beritaopd/pengelolaan-arsip-yang-tepat-tunjang-produktivitas-sekolah/%0Ahttp://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345

Mohammad Iftitachur Rozaq. (2017). KESESUAIAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DENGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI KELAS X SMA. 6.

Priyanto, W., Roshayanti, F., & Istikholah. (2019). Pengaruh Kartu Kuartet Dalam Model Pembelajaran Stad Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. Journal of Education Technology, 3, 253–259.

Putri, F., Zakir, S., Djambek, D., Alamat, B., Kampus, :, Jalan, I. I., Aur, G., Putih, K., Agam, K., & Barat, S. (2023). Mengukur Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran: Telaah Evaluasi Formatif Dan Sumatif Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(4), 172–180. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i4.1783

Rahmania, A. (2022). Pengelolaan Kelas Dalam Kegiatan Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(1), 30–43. https://doi.org/10.17509/jpm.v7i1.41732

Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813–820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

Wijaya, I. K. (2015). PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS Pembelajaran Bahasa Inggris Di Kelas. 120–128.




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i2.22808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 fahri amin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888


Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.