PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 17 SEMARANG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar mata pelajaran Matematika pada siswa kelas III guru masih menggunakan model konvensional dan tidak ada media pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis Wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Muhammadiyah 17 Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitaif dengan metode pre- experimental Desain tipe one grub pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Muhammadiyah 17 Semarang. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Bedasarkan analisis data diperoleh nilai pretest dengan rata-rata 47,304 dan rata rata nilai posttest 81,087. Diperoleh thitung sebesar 16.544 sedangkan ttabel 2.074 dengan df= N-I= 22 dan taraf signifikan 0,05 sebesar 2.074. Karena thitung > ttabel yaitu 16.544 > 2.074, maka H0 ditolak dan Ha diterima dan ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Matematika. Maka dapat disimpulkan bahwa pengunaan media pembelajaran berbasis Wordwallberpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Muhammadiyah 17 Semarang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Berikut adalah daftar referensi yang telah dibersihkan dari karakter yang tidak valid dan diformat agar rapi.
Daftar Pustaka
Cahyaningrum, F., Huda, C., & Sundari, R. S. (2024). Pengembangan E-LKPD berbasis Liveworksheets pada mata pelajaran matematika materi sudut kelas IV sekolah dasar. Wawasan Pendidikan, 4(1), 253–265.
Dr. Rusman, M. P. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Edisi Pertama).
Emi Zulfa, Fenny Roshayanti, & Iin Purnamasari. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran PPKN Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4684-4692.
Hutabarat, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Methodist 9 Medan TA 2020/2021.
Lestari, K. W. (2011). Konsep Matematika Untuk Anak Usia Dini. Seri Bacaan Orang Tua, 7.
Maflikha. (2020). Media Pembelajaran Berhitung Kelas 1 SD. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 2276-2282.
Prastiwi, E., & Halidjah, S. (2024). Penerapan Model PBL Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 278-28.
Purnama, R. P., Sumani, & Pranoto, D. (2024). Pemanfaatan media Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 2 Tahunan Baru. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1–10.
Ruhimat, T. (2010). Prosedur Pembelajaran. Universitas Pendidikan Indonesia, h. 6-7.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Untari, M. F. A., Cahyadi, F., & Budiningtyas, A. K. (2017). Pengembangan Media Lagu Matematika Dalam Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 92-105.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 wahyu rizki uswatun khasanah, fajar cahyadi, riris setyo sundari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.