OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELALUI IMPLEMENTASI ASESMEN DIAGNOSTIK DI SMP

Anik Widiastuti, Moh Irsyad Fahmi MR, Primanisa Inayati Azizah, Syamsul Kurniawan, Yunita Laila Rohmah, Adhietya Eka Andjasmara

Abstract


Pembelajaran berdiferensiasi masih belum sepenuhnya berjalan optimal dalam implementasinya di sekolah. Salah satu dasar yang dapat digunakan guru untuk merancang pembelajaran berdiferensiasi adalah dengan melakukan asesmen diagnostic. Penelitian ini bertujuan untuk menggali implementasi asesmen diagnostik untuk optimalisasi pembelajaran berdiferensiasi di SMP. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian dilakukan di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada semester gasal tahun ajaran 2025/2026. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada guru IPS SMP kelas VII, VIII, dan IX. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi asesmen diagnostik untuk optimalisasi pembelajaran berdiferensiasi dilakukan melalui tahapan persiapan dan perencanaan, pelaksanaan asesmen diagnostik, analisis hasil asesmen, penyusunan strategi pembelajaran berdiferensiasi, implementasi pembelajaran berdiferensiasi, serta refleksi dan penyesuaian disertai tujuan dan rincian kegiatan masing-masing tahapan; 2) Optimalisasi pembelajaran berdiferensiasi dilakukan dengan identifikasi kebutuhan belajar peserta didik melalui asesmen diagnostic yang disertai tindak lanjut sesuai kategori kebutuhan. Temuan penelitian dapat menjadi rekomendasi bagi guru agar melakukan asesmen diagnostic terlebih dahulu sebagai dasar dalam merancang pembelajaran berdiferensiasi agar optimal, sehingga strategi pembelajaran yang diterapkan guru dapat memfasilitasi peserta didik dan sesuai dengan kebutuhan belajarnya.

Keywords


asesmen diagnostik; pembelajaran berdiferensiasi; Kurikulum Merdeka; strategi pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arta, G. Y. (2024). Asesmen dalam Pendidikan:Konsep, Pendekatan, Prinsip, Jenis, dan Fungsi. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(3), 170–190.

Black, P., & and Wiliam, D. (1998). Assessment and Classroom Learning. Assessment in Education:Principles, Policy & Practice, 5(1), 7–74.

Budiono, A. N., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma:Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), Article 1.

Imania, K. A. N., & Bariah, S. H. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Petik:Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), Article 1.

Jaki, G. R. N., Djegho, E. S. B., Minggu, A. N. E., Blegur, I. K. S., & Samo, D. D. (2024). Asesmen Diagnostik, Pembelajaran Asesmen Diagnostik Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. SANTIKA:Seminar Nasional Tadris Matematika, 4, 374–382.

Lestari, I. D., Yahya, F., Suryani, E., Aini, R. Q., & Asriyanti, S. (2023). Pelatihan Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran Sesuai Kurikulum Merdeka. KARYaA:Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 22–26.

Marzano, R. J., & Kendall, J. S. (2006). The New Taxonomy of Educational Objectives. Corwin Press.

Meilia, M., & Murdiana, M. (2019). Pendidik Harus Melek Kompetensi Dalam Menghadapi Pendidikan Abad Ke-21. Kordinat:Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 18(2), 491–517.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis:An Expanded Sourcebook. SAGE.

Morgan, H. (2014). Maximizing Student Success with Differentiated Learning. The Clearing House:A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 87(1), 34–38.

MR, M. I. F., Anam, A. M., Agustinova, D. A., Prasastiawati, D., Awalin, F. R. N., & Yaacob, N. H. (2024). Community-based Islamic education:Democratizing learning through local wisdom. Jurnal Ilmiah WUNY, 6(2), Article 2.

MR, M. I. F., Anam, A. M., Wiratmoko, D., Yaacob, N. H., & Alwiyah, N. (2025). Positivism and Ibn Khaldun’s thought:Bridging objectivity and social dynamics. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 12(1), Article 1.

Nandini, S., Montessori, M., Suryanef, S., & Fatmariza, F. (2024). Hambatan Guru dalam Pelaksanaan Asesmen Diagnostik pada Pembelajaran PPKn Berdasarkan Kurikulum Merdeka. Journal of Education, Cultural and Politics, 4(2), Article 2.

Nasution, B., Sa’diyah, S., Firmansyah, F., & Abimayu, M. E. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 4(2), 223–232.

Nasution, S. W. (2022). Asesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), Article 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Anik Widiastuti, Moh Irsyad Fahmi MR, Primanisa Inayati Azizah, Syamsul Kurniawan, Yunita Laila Rohmah, Adhietya Eka Andjasmara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888


Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.