OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELALUI IMPLEMENTASI ASESMEN DIAGNOSTIK DI SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arta, G. Y. (2024). Asesmen dalam Pendidikan:Konsep, Pendekatan, Prinsip, Jenis, dan Fungsi. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(3), 170–190.
Black, P., & and Wiliam, D. (1998). Assessment and Classroom Learning. Assessment in Education:Principles, Policy & Practice, 5(1), 7–74.
Budiono, A. N., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma:Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), Article 1.
Imania, K. A. N., & Bariah, S. H. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Petik:Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), Article 1.
Jaki, G. R. N., Djegho, E. S. B., Minggu, A. N. E., Blegur, I. K. S., & Samo, D. D. (2024). Asesmen Diagnostik, Pembelajaran Asesmen Diagnostik Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. SANTIKA:Seminar Nasional Tadris Matematika, 4, 374–382.
Lestari, I. D., Yahya, F., Suryani, E., Aini, R. Q., & Asriyanti, S. (2023). Pelatihan Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran Sesuai Kurikulum Merdeka. KARYaA:Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 22–26.
Marzano, R. J., & Kendall, J. S. (2006). The New Taxonomy of Educational Objectives. Corwin Press.
Meilia, M., & Murdiana, M. (2019). Pendidik Harus Melek Kompetensi Dalam Menghadapi Pendidikan Abad Ke-21. Kordinat:Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 18(2), 491–517.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis:An Expanded Sourcebook. SAGE.
Morgan, H. (2014). Maximizing Student Success with Differentiated Learning. The Clearing House:A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 87(1), 34–38.
MR, M. I. F., Anam, A. M., Agustinova, D. A., Prasastiawati, D., Awalin, F. R. N., & Yaacob, N. H. (2024). Community-based Islamic education:Democratizing learning through local wisdom. Jurnal Ilmiah WUNY, 6(2), Article 2.
MR, M. I. F., Anam, A. M., Wiratmoko, D., Yaacob, N. H., & Alwiyah, N. (2025). Positivism and Ibn Khaldun’s thought:Bridging objectivity and social dynamics. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 12(1), Article 1.
Nandini, S., Montessori, M., Suryanef, S., & Fatmariza, F. (2024). Hambatan Guru dalam Pelaksanaan Asesmen Diagnostik pada Pembelajaran PPKn Berdasarkan Kurikulum Merdeka. Journal of Education, Cultural and Politics, 4(2), Article 2.
Nasution, B., Sa’diyah, S., Firmansyah, F., & Abimayu, M. E. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 4(2), 223–232.
Nasution, S. W. (2022). Asesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), Article 1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Anik Widiastuti, Moh Irsyad Fahmi MR, Primanisa Inayati Azizah, Syamsul Kurniawan, Yunita Laila Rohmah, Adhietya Eka Andjasmara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.