ANALISIS PENULISAN CERITA PENDEK KOLABORASI SISWA KELAS V SDN CANDI 01 SEMARANG

Muhammad Agung Ferdiyanto, Mudzanatun Mudzanatun, Mohammad Aniq Khairul Basyar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penulisan cerita pendek hasil kolaborasi siswa kelas V SDN Candi 01 Semarang ditinjau dari aspek kohesi, koherensi, dan isi cerita. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi teks, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kohesi gramatikal, terutama konjungsi dan referensi, paling dominan digunakan dalam teks. Kohesi leksikal juga muncul dalam bentuk repetisi, meskipun variasi sinonimi dan kolokasi masih terbatas. Koherensi cerita ditunjukkan melalui hubungan sebab- akibat, waktu, dan tujuan, meskipun konsistensinya belum merata. Isi cerita mencerminkan imajinasi anak-anak dengan tema persahabatan dan nilai moral, namun alur masih bersifat fragmentaris. Data dari wawancara dan angket menunjukkan bahwa metode kolaboratif membantu meningkatkan keterlibatan dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menulis. Dengan demikian, penulisan kolaboratif menjadi strategi pembelajaran literasi yang potensial dikembangkan di sekolah dasar.

Keywords


cerita pendek, kolaboratif, kohesi, koherensi, siswa sd

Full Text:

PDF

References


Abdul Fattah Nasution. 2023. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Harfa Creative.

Achsani, Ferdian. 2019. “Novel Kartini Karya Abidah El Khalieqy Sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra di Madrasah Tsanawiyah.” Vol. 13, N.

Agus Nuryatin, Retno Purnama Irawati. 2016. Pembelajaran Menulis Cerpen. Cetakan I. Semarang.

Anwar, Farida Septiana, Muhammad Tahir, dan Syaiful Musaddat. 2022. “Analisis Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas V SDN 7 Jurnal Ilmiah PENDAS:Primary Educational Journal 3(2Mataram Tahun Ajaran 2020/2021.”):137–44. doi: 10.29303/pendas.v3i2.381.

Aulia, Hartika, Atin Nurhalimah, Vera Mandailina, Mahsup, Syaharuddin, Abdillah, dan Zaenudin. 2023. “Efektifitas Metode Pembelajaran Kolaboratif dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis.” Seminar Nasional Paedagoria 3(2017):1–7.

Bagus Muljadi, Gita Wirjawan. 2024. Negeri Ini Pernah Jadi Surganya Ilmuwan Dunia | Gamechangers #2. Indonesia.

Cerianing Putri Pratiwi, Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta. 2017. Menulis Cerita Pendek. Cetakan ke. Magetan: CV. AE Media Grafika.

Gerot, Wignell. 2013. MAKING SENSE OF FUNCTIONAL GRAMMAR. 2nd edition. Sydney: Allen & Unwin.

Hanafiah, Wardah. 2015. “Analisis Kohesi Dan Koherensi Pada Wacana Buletin Jumat.” EPIGRAM (e-journal) 11(2):135–52. doi: 10.32722/epi.v11i2.676.

Hasan, Haliday. 1976. Cohesion in English Halliday and Hasan. London: Longman.

KHB, Moh Aniq. 2021. Gusti Allah Ana, Kanjeng Nabi Apikan. Percikan Renungan Seputar Persoalan Islam dan Indonesia. Edisi Pertama. Semarang:Penerbit Buku Beruang.

Maulina, Hasmita, Siti Rohana Hariana Intiana, dan Safruddin Safruddin. 2021. “Analisis Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 6(3):482–86. doi: 10.29303/jipp.v6i3.276.

Muthmainnah. 2023. Buku Sistem Model Dan Desain Pembelajaran (1).

Ntobuo, Nova Elysia. 2018. Model Pembelajaran Kolaboratif Jire. Vol. 1.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Theory of Fiction Analysis (Teori Pengkajian Fiksi). Yogyakarta:Gadjah Mada University Press.

Soegiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:CV. Alfabeta.

Sofia Urbafani, Aditya Dyah Puspitasari. 2023. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Karangan Cerita Pendek Pada Kelas 5 SDN Banyuajuh 3 Kamal.” Journal of Education for All 1(3):205–12. doi: 10.61692/edufa.v1i3.55.

Sudirman, Burhanuddin, Fitriani. 2024. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran: Neurosains dan Multiple Intelligence. Vol. 11. Cetakan Pe. Banyumas:PT Pena Persada Kerta Utama.

Warsito, Leonardus Ronggo, Veryliana Purnamasari, dan Mudzanatun Mudzanatun. 2024. “Analisis Kemampuan Menulis Permulaan Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Ii Semester Ii Sd Mondial Kota Semarang.” Wawasan Pendidikan 4(2):484–97. doi: 10.26877/jwp.v4i2.18768.

Zulela MS, Yulia Elfrida Yanty Siregar, Reza Rachmatullah, Prayuningtyas Angger Wardhan. 2017. “Keterampilan Menulis Narasi melalui Pendekatan Konstruktivisme di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 8(2):112–23.




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i2.23409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Agung Ferdiyanto, Mudzanatun, Mohammad Aniq Khairul Basyar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888


Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.