Keefektifan Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di SD N Pandean Lamper 05 Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media scrapbook terhadap hasil belajar siswa kelas II pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa akibat penggunaan metode konvensional yang kurang menarik. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental bentuk one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas II di SD Negeri Pandean Lamper 05 Semarang. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan taraf kesukaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 57,807 (pretest) menjadi 84,538 (posttest). Hasil uji t diperoleh thitung sebesar 10,509 lebih besar dari ttabel 2,060 yang berarti Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa media scrapbook efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anshor, A. S. (2021). pengaruh media scrapbook terhadap hasil belajar pkn kelas i sd negeri 101884 limau manis. pendalas: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 198-208.
Apsari, G. M., Nurhayati, E., & Dewi, A. S. (2024). pengembangan media pembelajaran scrapbook untuk meningkatkan hasil belajar ipas pada siswa kelas v sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 970-979.
Ayuning, W., Akhir, M., & Syakur, A. (2024). Pengaruh Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Iv Di Upt Sdn Tabang No. 24 Kepulauan Selayar. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 1(2), 94-110.
Febriyantini, F., Utama, E. G., & Mariana, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Etnosains pada Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor Kelas V SD. Jurnal Pendidikan, 32(3), 411-420.
Friska, S. Y., Susilawati, W. O., & Restiara, R. (2023). Pengembangan E-Modul Berbantu Book Creator Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Mendukung Kurikulum Merdeka Kelas IV Sekolah Dasar. Consilium: Education and Counseling Journal, 3(1), 217-228.
Nurrahman, B. T., Untari, M. F. A., & Purnamasari, I. (2023). Keefektifan Media Pembelajaran Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V Tema 5 Ekosistem di SD Negeri 1 Getas. Jurnal Cerdas Mendidik, 2(1).
Pramesti, A. A. (2024). Pengembangan Media Scrapbook Keragaman Budaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. proceeding umsurabaya, 1(1).
DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i2.23419
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Melani Awalia Wigati, Henry Januar Saputra, Intan Rahmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.