PENGEMBANGAN MEDIA JAWA (JAGOAN WAKTU) UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI MATERI WAKTU KELAS 2 SDN CANDI 01 SEMARANG

Dinda Puspo Rinasih, Mudzanatun Mudzanatun, Henry Januar Saputra

Abstract


Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dan kelayakan media JAWA (Jagoan Waktu) dalam membantu siswa untuk membaca waktu. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan pada produk (Research and Development). Penelitian penelitian ini menghasilkan produk berupa media JAWA (Jagoan Waktu) untuk mengatasi miskonsepsi materi waktu kelas 2 SDN Candi 01 Semarang. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Instrument yang digunakan berupa angket angket penilaian validasi media, validasi materi, respon siswa, tes (pretest dan posttest). Hasil ujian keefektifan mendapat nilai signifikan dari SDN Candi 01 Semarang sebesar 0,000. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada keefektifan media JAWA (Jagoan Waktu) terhadap hasil belajar siswa. Hasil validasi media diperoleh hasil nilai rata-rata kevalidan sebesar 97%. Kemudian dilanjutkan validasi materi diperoleh hasil nilai rata-rata sebesar 94%. Kesimpulannya bahwa media pembelajaran JAWA (Jagoan Waktu) efektif dan sangat layak digunakan untuk pembelajaran matematika materi mengenal waktu. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah media JAWA (Jagoan Waktu) dapat digunakan menjadi media pembelajaran yang baru dan inovatif.

Keywords


Media Pembelajaran, Pembelajaran Matematika dan Miskonsepsi Waktu

Full Text:

PDF

References


Aldi Rozikin, M., Febryan Putera Pendidikan Guru Sekolah Dasar, R., & Negeri Padang, U. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Materi Membaca Waktu Menggunakan Media Benda Nyata Pada Siswa Kelas Ii Sdn Sumber Kejayan 01 Kecamatan Mayang.

Guspa Eliza, Y., & Quratul Ain, S. (2024). Pengembangan Media Jam Materi Mengenal Satuan Waktu Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas Ii Sdn 17 Pekanbaru. In Jurnal Kependidikan (Vol. 13, Issue 1).

Nahdiyah, F. (2020). Educreative: Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak Learning By Doing Media Belajar Jam Dinding Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.

Nasaruddin, N. (2018). Karakterisik Dan Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 63–76.

Santoso, G., Septa Kusuma, A., & Muhammadiyah Jakarta, U. (2023). Manfaat Pemahaman Konsep Waktu Dan Durasi Dalam Pengembangan Keterampilan Kognitif Pada Anak Usia Sekolah Dasar (Vol. 02, Issue 05).

Saputro, J., Sulawesi Tengah, P., Kecamatan Gladagsari Boyolali, K., & Tengah, J. (2020). Creative Of Learning Students Elementary Education Pengembangan Jarum Jam Kembar Bercincin Sebagai Alat Peraga Materi Waktu Pada Siswa Sd Kelas Rendah. Journal Of Elementary Education, 03, 3.

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021). Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1735–1742.

Septy Nurfadhillah, Dkk. (2021). Media Pembelajaran Sd. Cv Jejak (Jejak Publisher).

Soegeng, A. Y. (2017). Kapita Selekta Landasan Kependidikan (Vol. 350). Magnum.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Wahab, A., Junaedi, Efendi, D., Prastyo, H., Sari, D. P., Syukriani, A., Febriyanni, R., Rawa, N. R., Saija, L. M., & Wicaksono, A. (2021). Media Pembelajaran Matematika (I. S. Mustasyrifah, N. Saputra, Ulfa, & Zlkarizki, Eds.; 1st Ed., Vol. 169). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian Dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan Dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230.

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Ummpress.

Zullian Krismonika, Y., & Kusuma Dewi, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konversi Satuan Waktu Di Kelas Ii Sdn 02 Klegen Kota Madiun.




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i2.23442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dinda Puspo Rinasih, Mudzanatun Mudzanatun, Henry Januar Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888

mega888

pussy888

mega888

mega888

mega888


Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.