PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII H SMP NEGERI 30 SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021

Munjani Munjani

Abstract


Pembelajaran secara daring memberikan dampak terhadap proses belajar mengajar sekolahan. Guru berupaya tetap melaksanakan pembelajaran dengan tujuan siswa memperoleh nilai yang optimal. Penggunaan model pembelajaran baru menjadi alternatif yang potensial dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa. Metode pembelajaran yang bisa digunakan salah satunya adalah pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting, yaitu pembelajaran yang lebih menekankan respon dan rangsangan terhadap pertanyaan. Kelas VIII SMP Negeri 30 Semarang dipilih sebagai populasi penelitian, dengan sampel kelas VIIIG dan VIIIH. Dengan permasalahan yang ada, penelitian ini berusaha mengidentifikasi pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting terhadap hasil belajar siswa, seberapa besar dan baikkah pengaruh yang diberikan. Pendekatan penelitian dilakukan secara kuantitatif. Dari hasil uji- dua sampel independen, diketahui  (). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen (metode pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting). Berdasarkan nilai koefisien Effect Size Cohen sebesar , menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting pada kelas VIIIH di SMP Negeri 30 Semarang memberikan pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa kelas eksperimen mendapat capaian yang lebih tinggi (76,25) dibandingkan kelas kontrol (71,38). Dengan demikian, dapat diketahui bahwa pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting menyebabkan siswa memperoleh hasil belajar yang lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional.


Full Text:

PDF

References


Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O.P. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA Press.

Ajhuri, K.F. 2019. Psikologi Perkembangan (Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.

Andrian. 2018. Perspektif Guru sebagai Agen Pembaharu (Agent of Change) dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Kewarganegaraan. Untirta Civic Education Journal (UCEJ), 3(1): 79–100.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Asmani, J.M. 2011. Tips Aplikasi PAIKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif). Yogyakarta: Diva Press.

Basri, H. 2015. Paradigma Sistem Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Media.

Dewi, A.A.S.P.M. & Rati, N.W. 2017. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2): 83–90.

Diniya. 2019. Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated melalui Model Inkuiri Terbimbing Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Natural Science and Integration (JNSI), 2(2): 143–152.

Fathurrohman, M. 2017. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Firmansyah, D. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 3(1): 34–44.

Hayati, F.N. 2017. Mengenal Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: PT Indeks.

Huda, M. 2014. Model Pengajaran & Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indrayanti, N.P.Y., Ganing, N.N., & Ardana, I.K. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dengan Teknik Probing-Prompting terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara. Mimbar PGSD, 5(2).

Jatmiko, A. & Wilujeng, I. 2017. Analisis Keterampilan Sosial Siswa pada Metode Kooperatif dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Kependidikan, 1(2): 240–252.

Magdalena, I., Islami, N.F., Rasid, E.A., & Diasty, N.T. 2020. Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan. Jurnal Edukasi dan Sains, 2(1).

Mahananingtyas, E. 2017. Hasil Belajar Kognitif, Afektif, dan Psikomotor melalui Penggunaan Jurnal Belajar Bagi Mahasiswa PGSD. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Dosen PGSD Indonesia Wilayah IV.

Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran Matematika. Bandung: Rosdakarya.

Muhadab, A. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 4(1): 60–65.

Naway, F.A. 2016. Strategi Pengelolaan Pembelajaran. Gorontalo: Ideas Publishing.

Nurjan, S. 2015. Psikologi Belajar. Ponorogo: CV Wade Group.

Oktiani, I. 2017. Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2): 216–232.

Pratiwi, H., Samparadja, H., & Arapu, L. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Kemampuan berpikir Kritis Ditinjau dari Potensi Akademik Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(2): 43–56.

Putri, S.D. & Neviyarni. 2013. Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Prestasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif terhadap Siswa SMP N 12 Padang). Konselor: Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1): 225–230.

Salsabila, A. & Puspitasari 2020. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(2).

Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

_______ . 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumardiono. 2015. Sistem Evaluasi dalam Homeschooling. Jakarta: Rumah Inspirasi.

Ummai, F.V. 2017. Anak Berbakat dan Dunia Pendidikan. Schoulid: Indonesian Journal of School Conseling, 2(2): 1–5.

Utami, D. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting dalam Pembelajaran Mengabstraksi Teks Negosiasi pada Siswa Kelas X SMA/MA. Riksa Bahasa, 2(2): 151–158.

Wassahua, S. 2016. Analisis Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Jurnal Matematika dan Pembelajarannya, 2(1): 84–104.

Wisudawati, A.W. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Wulandari, F.E. 2016. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. Jurnal Pedagogia, 5(2): 247–254.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v1i2.8856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wawasan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.