ANALISIS KETERKAITAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI MUATAN LOKAL DENGAN KURIKULUM TEMATIK KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 01 KOTA TEGAL

Fhafha Fadhella Riziqsiwi, Muhammad Arief Budiman, Fine Reffiane

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran bahasa Inggris sebagai muatan lokal di SD, mendeskripsikan ada atau tidaknya keterkaitan antara pembelajaran bahasa Inggris dengan kurikulum tematik yang terdapat paa materi pembelajaran tematik kelas IV SD Muhammadiyah 01 Kota Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripstif. Populasi penelitian adalah guru kelas IV, guru bahasa Inggris, siswa kelas IV, dan orang tua siswa kelas IV SD Muhammadiyah 01 Kota Tegal tahun ajaran 2020/2021. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini  diperoleh melalui wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil analisis dari kuesioner dan wawancara guru dan siswa kelas IV SD Muhammadiyah 01 Kota Tegal telah menunjukkan bahwa adanya perbedaan materi pada pembelajaran tematik dan pembelajaran bahasa Inggris di kelas IV, yaitu: Materi pekerjaan pada pembelajaran tematik. Pada  pembelajaran bahasa Inggris, mataeri pekerjaan hanya membahas suatu pekerjaan seseorang, dimana tempat bekerjanya, dan bagaimana cara mereka bekerja. Tetapi pada pembelajaran tematik materi pekerjaan SubTema 1 Aku dan Cita-citaku ada keterkaitan antara keduanya. Pada SubTema 1 Aku dan Cita-citaku  membahas tentang impian seseorang yang ingin dicapai karena memiliki minat dan kesukaan yang tinggi atas profesi yang mereka inginkan. Profesi sama saja artinya dengan pekerjaan, oleh karena itu jenis-jenis pekerjaan seseorang dimunculkan pada materi tematik Tema 6. Tetapi, pada materi bahasa Inggris hanya fokus pada jenis pekerjaan seseorang.

 

Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Inggris, Kurikulum Tematik, Muatan Lokal


Full Text:

PDF

References


Budiman, M. A. (2012). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kelas Bahasa Inggris. Posding Semantik, (2)1.

Nasir. (2013). Evaluasi Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Sekolah Dasar Negeri Kota Meulaboh. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 12(1), 31-39.

Nasution, W. N. (2016). Kepemimpinan Pendidikan di Sekolah. Jurnal Tarbiyah, (22)1.

Prastowo, A. (2020). Penilaian Autentik Pada Kurikulum 2013 dalam pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 4(2): 133-142.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Al-Fabeta.

Warsino. (2002). Pembelajaran IPS Berdasarkan Kuirkulum 2013 di Kelas IV SD Negeri Paya Peunaga Kabupaten Aceh Barat. GENTA MULIA, X(1), 134-144.

Widyaningrum, A., Budiman, M. A., & Putri, A. D. S. (2019). Pembelajaran Pronunciation Melalui Lagu Anak dalam Mata pelajaran Bahasa Inggris Bagi Siswa SD Kramat Kabupaten Kudus. Jurnal CULTURE (Culture, Languange & Literature Review), 6(1).

Wijaya, I. K. (2015). Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(2), 120-128.

Wiyani, N. A. (2012). Desain Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 17(1).

Yunelia, I. (2019). Orang Tua di Depok Sesalkan Materi Bahasa Inggris SD https://www.medcom.id/pendidikan/newspendidikan/GbmXoN-orang-tua-di-depok-sesalkan-materi-bahasa-inggris-sd-dihapus

Zulfa, E. Nuroso, H., dan Reffiane, F. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Sequenced Berhantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 18-22.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v1i2.9207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wawasan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.