PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL CONCEPT SENTENCE DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 TRATEMULYO

Ety Arfiana Kurniasari, Sukamto Sukamto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VI SD Negeri 2 Tratemulyo melalui model Concept Sentence dengan media gambar. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa skor keterampilan guru mengalami peningkatan, yaitu 26(baik) pada siklus I menjadi 29(baik) pada siklus II, dan 34(sangat baik) pada siklus III. Aktivitas siswameningkat dari 24 (baik) pada siklus I menjadi 26 (baik) pada siklus II, dan 31 (sangat baik) pada siklus III. Hasil belajar siswa secara klasikal meningkat dari 56% pada siklus I menjadi 72% pada siklus II, dan 88% pada siklus III. Simpulan penelitian ini adalah model Concept Sentence dengan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VI SD Negeri 2 Tratemulyo.

Keywords


karangan deskripsi, concept sentence, gambar

Full Text:

PDF

References


Anggara, Adhi, dkk. 2012. Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui media poster pada siswa kelas IV SDN Borongan 02 Polanharjo Klaten tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO). 2(3): 1-7.

Aqib, Zaenal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Wijaya.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Cole, Karen Sanderson. 2012. Promoting cooperative learning in an expository writing course. Journal of International Education Research University of the West Indies, St Augustine, West Indies. 8(2): 113-124.

Daryanto, Joko, dkk. 2015. Peningkatan keterampilan berbicara melalui model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO). 3(6).

Febriasari, Lolita Kurnia. 2014. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui model concept sentence berbantuan media visual. Joyful Learning Journal. 3(1).

Hamalik, Oemar. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Heriasa, I Km., dkk. 2014. Pengaruh pendekatan kontekstual terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V SD semester ganjil di gugus VI Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1).

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Sari, Asih Purnama. 2014. Keefektifan model concept sentence terhadap aktivitas dan hasil belajar menulis narasi. Journal of Elementary Education. 3(1).

Sulianto, Joko, dkk. 2012. Penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah materi gaya siswa kelas IV semester II SD Muhamadiyah 1 Semarang tahun ajaran 2011/2012. Jurnal FIP IKIP PGRI SEMARANG. 2(1): 52-58.

Tanti Yoseva S, Suryani, dkk. 2013. Pemanfaatan media gambar untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPA kelas V SDN 21 Tanjung Panti Kembayan Sanggau. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 2(3).

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Zulkarnaen, Varibia, dkk. 2013. The effect of using composite pictures on reading comprehension achievement of the seventh grade students at SMPN 2 Tenggarang Bondowoso. Journal of English Language Study Program UNEJ. 2(3): 125-132.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v1i1.9214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wawasan Pendidikan



Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.