SENI MONTASE DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE MATA PELAJARAN SBdP KELAS IV SEKOLAH DASAR

Rofian Rofian, Lutfi Anwar Asrori

Abstract


Tujuan dari peneltian ini terfokus pada kajian seni montase yang ada dalam pengembangan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline mata pelajaran SBdP kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan hasil penelitian berupa analisis deskriptif. Hasil dari penelitian diantaranya sebagai berikut: (1) seni montase merupakan suatu karya seni yang memanfaatkan gambar yang sudah jadi kemudian disusun dan ditempel pada suatu bidang tertentu, sumber gambar yang digunakan dapat memanfaatkan dari berbagai sumber dengan catatan gambar yang dipilih sesuai dengan tema yang telah ditentukan. (2) Muatan pelajaran SBdP di kelas IV sekolah dasar memiliki ruang lingkup materi yang luas, salah satunya adalah seni menempel yaitu kolase, montase dan mozaik. (3) Seni montase yang terdapat di dalam media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline mata pelajaran SBdP materi montase kelas IV sekolah dasar sudah sesuai dengan karakteristik siswa karena pemilihan gambar serta perpaduan warna dan gambar sangat menarik. Selain itu, karya montase yang ada di dalam media tersebut menyajikan karya montase menggunakan dua teknik jadi terlihat perbedaan hasil karya seni montase yang ada.

Keywords


Montase, Pembelajaran SBdP, Media Pembelajaran Articulate Storyline

Full Text:

PDF

References


Amiroh. (2020). Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline. Yogyakarta: Pustaka Ananda Srva.

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Miles, Matthew dan Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber

Tantang Metode-Metode Baru. Jakarta:UI Press.

Muharrar, Syakir dan Sri Verayanti. (2013). Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana. Semarang: Erlangga.

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rahayu, Sri dan Mas’uadah. (2017). Penerapan Kegiatan Montase Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A Di TK Al Wardah Peterongan Jombang. Jurnal PAUD Teratai, Volume 06 Nomor 03 Tahun 2017.

Rofian. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Pada Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar. MALIH PEDDAS, Volume 6, Nomor 2, Desember 2016.

Tafonao, Talirazo. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan vol. 2 No. 2, Juli 2018.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 rofian rofian, Lutfi Anwar Asrori

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.