PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MUATAN SBdP KELAS II DI SDN 1 PATUKANGAN KABUPATEN KENDAL

Shalilla Deltaniken Sujak, Prasena Arisyanto, Ervina Eka Subekti

Abstract


Abstrak

Pembelajaran SBdP merupakan kegiatan untuk mengeskpresikan diri dan mengasah kemampuan imajinasi dalam pembelajaran melalui bentuk karya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pelaksanaan, faktor yang mempengaruhi, peran orang tua, dan kendala pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada muatan SBdP kelas II di SDN 1 Patukangan Kendal. Jenis penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian yaitu guru, orang tua, dan peserta didik kelas II. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian (1) proses pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada muatan SBdP berjalan dengan lancar dalam pembelajaran terdapat kegiatan pembuka, ini, dan penutup yang disampaikan melalui WhatsApp Grup. (2) faktor yang mempengaruhi pembelajaran jarak jauh pada muatan SBdP terdapat faktor internal dari peserta didik yang belum mampu mengendalikan emosi, sendangkan faktor eksternal dari orang tua yang kurang memahami teknologi dan orang tua yang berekerja dengan keterbatasan waktunya. (3) peran  orang tua sangat penting pada pembelajaran jarak jauh pada muatan SBdP dalam mendampingi dan membantu peserta didik untuk mengembangkan keterampilannya. (4) kendala pembelajaran jarak jauh pada muatan SBdP terdapat dari orang tua dan peserta didik pada pengumpulan tugas dan keterbatasan internet.

 


Keywords


pembelajaran jarak jauh, muatan SBdP

Full Text:

PDF

References


Arisyanto, Prasena, Riris Setyo Sundari, dan Mei Fita Asri Untari. 2018. Pembelajaran Ekstrakulikuler Tari Untuk Penanaman Karakter Bagi Siswa SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Kajian, Vol. 3(1), halaman 2. Diakses melalui http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v3i1.4062

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rajawali Pers.

Faizah, Silviana Nur. 2017. Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Madraah Ibtidaiyah, Vol. 1(2), halaman 176-185. Diakes dari https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85

Kemendikbud. 2020. Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020. Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronovirus Disease (Covid-19).

Lilawati, Agustien. 2021. Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5(1), halaman 549-558. Diakses melalui https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.592

Mareza, Lia. 2017. Pendidikan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) sebagai Strategi Intervensi Umum bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Scholaria, Vol. 7(1), halaman 35-38. Diakses dari https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p35-38

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putria, H., Lutfi Hamdani Maulana, Din Azwar Uswatun. (2020) Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, Vol. 4(4), halaman 861-872. Diakses melalui https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rahmawati, Novi R., Fatimatul Eva R., Farid Imam Kholidin. 2020 Analisis Pembelajaran Daring saat Pandemi di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal of Primary Education, Vol. 1(2), halaman 144-145. Diakses melalui https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2487

Rodliyah, Siti, Riris Setyo Sundari, Prasena Arisyanto. 2020. Analisis Kegiatan Belajar Seni Tari Anak-Anak Desa Sendangagung Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Majalah Lontar, Vol. 32(2), halaman 28. Diakses melalui http://journal.upgris.ac.id/index.php/LONTAR/article/download/7169/3605

Subekti, Eka Ervina, Fajar Cahyadi, Khusnul Fajriah. 2017. Multimedia Pembelajaran Berbasis Camtasia Studio Dalam Mata Kuliah Matematika 1 Untuk Mahasiswa PGSD. Jurnal Medives, Vol 1(2), halaman 134-140. Diakses melalui http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/489

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jarakta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bangdung: Alfabeta

Wulandari, Dewi A., Ervina Eka S., M. Yusuf S. W,. 2020. Analisis Nilai Karakter Pada Ekstrakulikuler Seni Musik dan Tari di SD Negeri Candi 01 Semarang. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, Vol. 1(3), halaman 350. Diakses melalui http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/dwijaloka/article/viewFile/692/522

Yuangga & Sunarsi. 2020. Pengembangan Media dan Strategi Pembelajaran untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh di Pandemi Covid-19. Jurnal Guru Kita, Vol. 4(3), halaman 51-58. Diakses melalui https://doi.org/10.24114/jgk.v4i3.19472




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Shalilla Deltaniken Sujak, Prasena Arisyanto, Ervina Eka Subekti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.