PEMBELAJARAN SBdP KELAS IV SD NEGERI 02 JATIREJO PADA POLA PEMBELAJARAN DARING

Lessy Rizkiani Falahiyah, Qoriati Mushafanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran SBdP serta mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan pembelajaran SBdP pada pola pembelajaran daring di SD Negeri 02 Jatirejo. Hal ini seperti apa yang dituturkan oleh Gusty (2020: 1) sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 4 Tahun 2020 pelaksanaan proses belejar mengajar dilakukan dari rumah atau yang sering disebut dengan pembelajaran jarak jauh/ daring.Hal ini dilakukan guna memutus rantai penyebaran virus corona. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode analisis data Model Miles and Huberman, berupa merangkum hal-hal yang pokok yang berhubungan dengan pembelajaran SBdP secara daring, melakukan reduksi data kemudian melakukan penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kelebihan dari proses pembelajaran SBdP yang dilaksanakan secara daring yaitu siswa memiliki lebih banyak waktu untuk mempelajari materi dan juga mengerjakan tugas yang diberikan. Sumber belajar siswa tidak hanya materi yang diberikan guru, tetapi dapat mencari sumber lain atau bahkan dapat belajar dari lingkungan sekitar. Kekurangan  dari proses pembelajaran SBdP yang dilaksanakan secara daring yaitu banyak kendala yang dialami siswa seperti kuota dan sinyal internet. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran SBdP berjalan dengan baik dan lancar walaupun ada beberapa kendala/ penghambat dalam proses pembelajaran tetapi dapat diminimalisir dengan baik.


Keywords


Pembelajaran SBdP daring

Full Text:

PDF

References


Anggito, Albi.Johan Setiawan.(2018).Metodologi Penelitian Kualitatif.Sukabumi: CV Jejak

Arikunto, Suharsini.(2014).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:Rineka Cipta.

Darma, Yudi.Dede Suratman., dan Ahmad Yani.(2019).Analisis Data Statistik,Sebuah Pendekatan Praktis Pengelolaan Statistik Bermuatan Karakter.Yogyakarta:Graha Ilmu.

Gusty, Sri dkk.(2020).Belajar Mandiri:Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19.Yayasan Kita Menulis

Moleong, J.Lexy.(2017).Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung:PT.Remaja Rosdakarya.

Mulyanti, Eka Purwandani.”Implementasi Model Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Kegiatan Pembelajaran Tematik Di Masa Pandemi Covid-19 Kelas IV SD Negeri 01 Jatisaba Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas”.(Skripsi online; Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, 2021)

Rodliyah, Siti.Riris Setyo Sundari., dan Prasena Arisyanto.(2020).”Analisis Kegiatan Belajar Seni Tari Anak-anak Desa Sendangagung Pada Masa Pandemi Covid-19”.Dalam jurnal Ilmiah Majalah Lontar.Vol.32.No.2

Situmorang, SH dkk.(2010).Analisis Data dan Riset Manajemen dan Bisnis.Medan: USU Press

Sugiyono.(2014).Memahami Penelitian Kualitatif.Bandung:Alfabeta.

Sugiyono.(2019).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RnD.Bandung:Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.9575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lessy Rizkiani Falahiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.