ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH POLYA MATERI VOLUME KELAS V SD NEGERI 1 RAJEKWESI JEPARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa, serta upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di kelas V SD Negeri 1 Rajekwesi Jepara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Rajekwesi Jepara yang berjumlah 13 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu siswa mengalami kesulitan dalam memahami masalah 64%, melakukan perencanaan 58%, menyelesaikan masalah 52%, dan melakukan pemeriksaan 96%. Faktor penyebab kesulitan siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi sikap dalam belajar, minat belajar, motivasi belajar siswa, kesehatan tubuh, dan kemampuan pengindraan. Sedangkan faktor eksternal meliputi variasi guru dalam mengajar, penggunaan media pembelajaran, sarana prasarana di sekolah, suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan, motivasi belajar dari guru dan orang tua, dan lingkungan keluarga. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan siswa yaitu mengulang materi dan memberi latihan soal serta menjelaskan kembali materi yang sulit dipahami oleh siswa.
Kata Kunci: Kata kunci: Kesulitan Siswa, langkah polya, volume
Full Text:
PDFReferences
Atmoko, S. W., Cahyadi, F., & Listyarini, I. (2017). Pengembangan media utama (ular tangga matematika) dalam pemecahan masalah matematika materi luas keliling bangun datar kelas III SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 119-128.
Darjiani, Y, Meter, dkk. 2015. Analisis kesulitan-kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurusan PGSD Volume: 3 No: 1 Tahun 2015.
Dewi, Kusuma, dkk. 2014. Penerapan Model Polya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Memecahkan Soal Cerita Matematika Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 2 No. 1 Tahun 2014.
Hasibuan, Khairani E. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Matematika siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. Axiom: vol. VII, No. 1.
Jaya, I Made Laut Mertha. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Quadrant: Yogyakarta.
Netriwati. 2016. “Analisis kemampuan pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung”. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika vol. 7, No. 2, 2016, Hal 181-190.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Tyas, Nikmah Mulyaning. 2016. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540.
Wibowo, D. C., & Agia, Y. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Kelas V Sd Negeri 25 Rajang Begantung Ii. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 231-241.
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9617
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 RIRIN ASROFIYAH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.