Analisis Kesulitan Belajar Materi Operasi Hitung Pembagian Kelas IV SDN Tengki 01 Kabupaten Brebes
Abstract
Abstrak
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih ditemukan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal pembagian pada pelajaran matematatika kelas IV materi operasi hitung Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa operasi hitung pembagian dan mengetahui faktor yang menggunakan Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil temuan penelitian siswa mengalami kesulitasn dalam pembelajaran matematika terutama pada materi operasi hitung pembagian yang dimana dalam pengerjaan soal pembagian menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar operasi hitung pembagian siswa siswa kelas IV SDN Tengki 01 Kabupaten Brebes. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan masih banyak siswa yang dibawah nilai rata-rata. Adapun faktor-faktor kesulitan belajar siswa yang melingkupi faktor internal dan faktor eksternal, dalam faktor internal terdapat pada diri sendiri yang dimana siswa mengalami kesulitan dalam belajar saat kesehatan berkurang sedangkan dalam faktor eksternal melingkupi faktor keluarga yang dimana keluarga masih mementingkan pekerjaan dan faktor lingkungan melingkupi lingkungan sekolah yang dimana faktor guru menjadi peranan dalam belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan yakni saran solusi terhadap orang tua yang dimana perana orang tua dalam menunjang Pendidikan anak sangat penting dalam menempuh masa Pendidikan.
Kata kunci : Kesulitan belajar, operasi hitung, pembagian
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdurahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis dan Remediasisnya. Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan dasar dan Menengah Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: BSNP
Hasibuan, Khairani E. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Matematika siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. Axiom: vol. VII, No. 1. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1766/1405 diakses tanggal 6 April 2021.
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitattif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J.2019. Metodologi Penelitian Kualitattif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Oktavianti, Rina. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pembagian Bilangan Cacah Melaui Metode Pemberian Tugas di Kelas II SD Inpres 3 Plasa. ISSN 2354-614x. Volume 1. Nomer 4. Jurnal Kreatif Tadulako Online.177
Pemerintahan Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Yang Mengatur Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran NKRI Tahun 2003 No. 78. Sekretariat Negara. Jakarta Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Rizki Muhamad Ridho. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Matematika Pada Siswa Kelas IV SD N Bugel Panjatan Kulon Progo. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia. http://journal.ummgl.ac.id/nju/index.php/edukasi Vol. 12, No. 2, 2020, Hal: 67 – 76. pISSN: 2085 1472, eISSN: 2579 4965
Rizqi, Fauziah. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Materi Operasi Hitung Pembagian Pada Siswa Kelas 3 Sdn Gebangsari 02. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
Setyono, Ariesandi. 2007. Mathemagics. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono.2017.Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9618
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 PRISQI NUR ADI PRIANTO
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.