EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI DALAM MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA MI MUHAMMADIYAH KUNDURAN BLORA
Abstract
Penelitian ini berdasarkan pentingnya pembentukan karakter melalui pendidikan, pandemi seperti saat ini menyebabkan ancaman moralitas dikarenakan aktivitas belajar mengajar tatap muka beralih kedigital. Ekstrakurikuler Tapak Suci menjadi alternative mengembangkan karakter siswa, karena dapat mengembangkan nilai tanggung jawab yaitu tanggung jawab personal dan tanggung jawab sosial serta bertujuan berdakwah mengenai amar ma’ruf nahi mungkar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) proses pelaksanaan ekstrakurikuler Tapak Suci dalam mengembangkan nilai karakter tanggung jawab siswa MI Muhammadiyah Kunduran Blora dan (2) faktor pendukung serta penghambat pelaksanaan ekstrakurikuler Tapak Suci dalam mengembangkan nilai karakter tanggung jawab siswa MI Muhammadiyah Kunduran Blora. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode untuk mengumpulkan data antara lain: wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakter tanggung jawab siswa berkembang menjadi lebih baik, terutama di situasi pandemi Covid-19 anak lebih bertanggungjawab terhadap tugasnya seperti penyelesaian tugas sekolah di rumah. Proses pengembangan karakter tanggung jawab personal dari pembiasaan beribadah dan berdo’a sebelum latihan. Proses pengembangan karakter tanggung jawab sosial dilihat dari interaksi sosial antar anggota ekstrakurikuler Tapak Suci. Berdakwah dilakukan Pelatih saat latihan seperti mengembangkan sikap kepemimpinan pada diri siswa, disiplin waktu, dan bertanggungjawab terhadap tugasnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal dan Sujak. 2011. Panduan & Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Penerbit Yrama Widya.
Dahliyana, Asep. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuker Di Sekolah. Jurnal Kajian Prndidikan Umum. Vol 15 No. 1. Diakses dari https://ejournal.upi.edu/index.php/SosioReligi/article/view/5628. Tanggal 01 Januari 2020.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nuri, Febi Putri, dkk. 2016. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Perkembangan Life Skills Peserta Didik SMA YP UNILA. Jurnal Kultur Demokrasi. Vol 5 (2). Diakses dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/10951, Tanggal 05 Oktober 2020.
Peratuan Presiden No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wafik, Ilmazul. (Tanpa Tahun). Buku Panduan Seni Beladiri Tapak Suci UMY. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Diakses dari https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjt59bS0f3sAhWi63MBHfunDrcQFjAAegQIARAC&url=https%3A%2F%2Fwww.academia.edu%2F4870106%2FBUKU_PANDUAN_SENI_BELADIRI_TAPAK_SUCI_UMY&usg=AOvVaw0gnQbCFS4VitakIw_3ygpV. Tanggal 31 Oktober 2020.
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.9907
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rosita rosa Tirtasari, Rosita Tirtasari Rosita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.