Aplikasi Bebasis Android sebagai Media Belajar Huruf Hijaiyah Untuk Anak Usia Dini Mengunakan Metode Fonika Learning

Esti Wijayanti, hanik hidayati, Meimaharani R

Abstract


Perkembangan otak anak usia dini merupakan perkembangan emas yang mana sel otak anak berkembang selama 80%, saat anak usia dibawah 8 tahun harus di isi dengan segala sesuatu yang bermanfaat dan berguna untuk daya ingatnya. Salah satunya dengan mengajarkan anak untuk membaca. Dengan mengajarkan anak membaca sejak dini diharapkan orang tua tidak terlalu beban saat anak melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi yaitu saat sekolah dasar. Anak pada usia dini sangat akrab sekali dengan smart phone yang biasanya digunakan hanya untuk bermain atau sekedar memutar youtobe. Inovasi terbaru dari penelitian ini adalah pembuatan aplikasi belajar membaca untuk anak usia dini berbasis andoroid dengan mengunakan metode fonika, diharapakan dengan metode ini anak pada Tk Pertiwi Purwosari dapat belajar huruf hijaiyah dengan mudah dan dapat membaca di usia dini dengan menyenangkan mengunakan teknologi android. Luaran yang diharapkan anak usia dini dapat belajar membaca huruf hijaiyah dengan sangat menyenangan dengan mengunakan smartphone.


Keywords


Fonika, Android, Huruf Hijaiyah.

Full Text:

PDF

References


Fadli, I. N., & Ishaq, U. M. (2019). Aplikasi Pengenalan Huruf dan Makharijul Huruf Hijaiyah Dengan Augmented Reality Berbasis Android. Komputika: Jurnal Sistem Komputer, 8(2), 73-79.

Gunawan, W. (2019). Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah. Jurnal Informatika, 6(1), 69-76.

Jacobsson A., Asa Ek, Roland Akselsson, 2012, Learning from incidents e A method for assessing the effectiveness of the learning cycle, Journal of Loss Prevention in the Process Industries), page 561-570.

Kulsum U., Hindarto N., 2011, Penerapan Model Learning Cycle pada sub pokok bahasan Kalor untuk Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Siswa kelas VII SMP, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Page 128-133.

Lauren J. Ralph, Erin King, Elise Belusa, Diana Greene Foster, Claire D. Brindis, and M. Antonia Biggs, 2017, The Impact of a Parental Notification Requirement on Illinois Minors’ Access to and Decision-Making Around Abortion, Journal of Adolescent Health.

Noor, M., & Lutviani, R. M. (2016). Aplikasi Pintar Membaca Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal Sains dan Informatika, 2(2).

Pangestu, A. R., & Purwanto, A. (2021). Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah dan Iqro untuk Anak Berbasis Android. EJECT: E-Journal Computer, Technology and Information System, 01(01), 1–6.

R. Benson and C. Brack, 2010, Online Learning and Assessment in Higher Education, UK and the USA

Safudin, M., Yulianto, E., & Ishak, R. (2023). Aplikasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Android. Artikel Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi, 3(1), 55-60.

Sangpikul A., 2017, Implementing academic service learning and the PDCA cycle in a marketing course: Contributions to three beneficiaries, Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education.

Sari, D. M., & Rasjid, N. (2018). Membangun Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Berbasis Android Untuk Anak Usia Dini. Journal of Computer and Information System (J-CIS), 1(1), 19-26.

Utama, H. H. (2023). Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Berbasis Android. Jurnal Teknologi Pintar, 3(4).

Wang Y., Millet B., James L. Smith, 2016, Designing wearable vibrotactile notifications for information communication, Internasional. Jurnal Human-Computer Studies, 24- 34.

Wijayanti E., Riadi A.A., 2018, Penerapan Algoritma Learning Cycle Untuk Evaluasi Hasil Belajar Siswa Dengan Parental Notification, Jurnal UPGRIS.

Wijayanti E., Latubessy A., 2019, Teknologi Android untuk Monitoring Hasil Belajar Anak Mengunakan Metode Problem Solving, Jurnal UPGRIS.

Wijayanti E., Hidayati H., Meimaharani R., 2023, Model Pembelajaran Interaktif Islami Di Mi “Sinau” Berbasis Android, Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi 4 (1), 199-205,




DOI: https://doi.org/10.26877/jiu.v9i2.16902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Esti Wijayanti



Creative Commons License
Jurnal Informatika Upgris by Program Studi Informatika UPGRIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.