Perancangan Media Pembelajaran TIK Menggunakan Aplikasi Autoplay Media Studio 8 di SMA Muhammadiyah Padang Panjang

Silvia Afrianti, Hari Antoni Musril

Abstract


Dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan media yang digunakan dalam proses pembelajaran masih menggunakan buku cetak pelajaran TIK. Penelitian ini menggunakan metode research and Development (R&D) versi 4D, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Model pengembangan multimedia yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan multimedia versi Luther Sutopo yang terdiri dari 6 tahap yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Uji produk yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas oleh pakar yaitu ahli media, ahli pendidikan, ahli teknologi informasi, uji pratikalitas oleh guru pelajaran TIK dan uji efektifitas oleh siswa. Hasil penelitian penulis berupa media video tutorial menggunakan aplikasi autoplay media studio yang bisa digunakan oleh guru dan siswa pada mata pelajaran TIK. Penelitian ini menggunakan metode research and Development (R&D) versi 4D, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Model pengembangan multimedia yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan multimedia versi Luther Sutopo yang terdiri dari 6 tahap yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Uji produk yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas oleh pakar yaitu ahli media, ahli pendidikan, ahli teknologi informasi, uji pratikalitas oleh guru pelajaran TIK dan uji efektifitas oleh siswa. Hasil penelitian penulis berupa media video tutorial menggunakan aplikasi autoplay media studio yang bisa digunakan oleh guru dan siswa pada mata pelajaran TIK.


Keywords


Video tutorial, metode RnD

Full Text:

PDF

References


A. H. Pito, “Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an,” Andragogi J. Diklat Tek. Pendidik. dan Keagamaan, vol. 6, no. 2, pp. 97–117, 2018.

N. Basuki, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Menggambar Teknik,” PEDIKA (Jurnal Pendidik. Vokasi), pp. 1–16, 2011.

I. Darimi, “Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif,” Cybersp. J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 111–121, 2017.

U. Khulsum, Y. Hudiyono, and E. D. Sulistyowati, “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X Sma,” DIGLOSIA J. Kaji. Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2018, doi: 10.30872/diglosia.v1i1.pp1-12.

Y. Swara, G. Y. Kom. M., & Pebriadi, “Rekayasa Perangkat Lunak Pemesanan Tiket Bioskop Berbasis Web,” J. TEKNOIF, vol. 4, no. 2, pp. 27–39, 2016.

A. Bahri, W. Hidayat, and A. Q. Muntaha, “Penggunaan Media Berbasis Autoplay Media Studio 8 untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa : Sebuah Inovasi Media Pembelajaran Using AutoPlay Media Studio 8 -based Media to Improve Students ’ Activities and Learning Outcome : An Innovation of,” Proceeding Biol. Educ. Conf., vol. 15, no. 1, pp. 394–401, 2018.

R. Mahmudah and Mintohari, “Perangkat Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan Multimedia Berbasis Movie Maker di Sekolah Dasar,” Multimed. Berbas. Movie Mak.

R. R. Fadila, W. Aprison, and H. A. Musril, “Perancangan Perizinan Santri Menggunakan Bahasa Pemograman PHP / MySQL Di SMP Nurul Ikhlas,” Csrid, vol. 11, no. 2, pp. 84–95, 2019.

H. A Musril, Jasmienti, and M. Hurrahman, “Implementasi Teknologi Virtual Reality Pada Media Pembelajaran Perakitan Komputer,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 9, pp. 83–95, 2020.




DOI: https://doi.org/10.26877/jiu.v6i2.6471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by : Prodi Informatika Fakultas Teknik Universitas PGRI Semarang