Klasifikasi Jenis Pohon Mangga Berdasarkan Bentuk dan Tekstur Daun Menggunakan Metode Backpropagation

Riza Miftahul Hakiky, Nuzul Hikmah, Dyah Ariyanti

Abstract


Mangga merupakan salah satu tanaman jenis buah-buahan yang digemari oleh masyarakat khususnya masyarakat daerah Probolinggo. Jenis mangga yang paling banyak ditanam di daerah Probolinggo adalah jenis mangga manalagi, arumanis, endog, dan apel. Berbagai cara dapat dilakukan untuk membedakan jenis mangga salah satunya dengan melihat bentuk dan tekstur daun dari pohon mangga. Karena setiap jenis mangga ternyata memiliki bentuk daun yang berbeda jika dilihat secara seksama. Identifikasi berdasarkan daun merupakan identifikasi yang lebih mudah dilakukan karena daun akan ada sepanjang masa, sedangkan bunga dan buah mungkin hanya ada pada waktu tertentu. Tujuan penelitian ini adalah melakukan klasifikasi jenis pohon mangga berdasarkan bentuk dan tekstur daun menggunakan metode Backpropagation. Proses ekstraksi ciri bentuk menggunakan metode metric dan eccentricity, sedangkan untuk proses ekstraksi ciri tekstur menggunakan contrast, correlation, energy dan homogeneity. Metode klasifikasi yang digunakan adalah Backpropagation. Berdasarkan hasil pengujian terhadap 60 data latih dan 40 data uji menggunakan parameter 2 hidden layer dengan 6 neuron input, jumlah epoch = 1000, learning rate = 0.01, target error = 0,000001 diperoleh akurasi sebesar 95%

 


Keywords


backpropagation, daun mangga, klasifikasi, ekstraksi ciri

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Usman. 2005. Pengolahan Citra Digital dan Teknik Pemogramannya. Yogyakarta : 2005.

Fajri, Hanifah Rahmi. 2015. Ekstraksi Ciri Berbasis Wavelet Dan Glcm Untuk Deteksi Dini Kanker Payudara Pada Citra Mammogram. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Feri Wibowo, Agus Harjoko. 2017. Klasifikasi Mutu Pepaya Berdasarkan Ciri Tekstur GLCM Menggunakan Jaringan Saraf Tiruan. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Hastuti, Maharani Tri. 2018. Identifikasi Kondisi Kesehatan Ayam Petelur Berdasarkan Ciri Warna HSV Dan Gray Level Coocurence Matrix (GLCM) Pada Citra Jengger Dengan Klasifikasi K-Nearest Neighbour. Universitas Brawijaya Malang.

Muis, Saludin. 2006. Teknik Jaringan Syaraf Tiruan. Yogyakarta : GRAHA ILMU.

Permadi, Yuda. 2015. Aplikasi Pengolahan Citra Untuk Identifikasi Kematangan Mentimun Berdasarkan Tekstur Kulit Buah Menggunakan Metode Ekstraksi Ciri Statistik. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Portal Pertanian. 2014. Macam-macam Buah Mangga, URL : http://kebunq.com/2014/09/macam-macam-buah-mangga.html

Pracaya. 2011. Bertanam Mangga. Jakarta : Penebar Swadaya.

Prasetyo, Eko. 2011. Pengolahan Citra Digital dan Aplikasinya Menggunakan Matlab. Yogyakarta : CV. ANDI OFFSET.

Puspitaningrum, Dyah. 2006. Pengantar Jaringan Saraf Tiruan. Yogyakarta : ANDI Yogyakarta.

Rukmana, R. (1997): Mangga Budidaya dan Pasca Panen. Yogyakarta : Kanisius.

Santoso, Yusuf Dwi. 2017. Sistem Klasifikasi Tipe Kepribadian dan Penerimaan Teman Sebaya Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation. Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.26877/jiu.v6i2.6645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by : Prodi Informatika Fakultas Teknik Universitas PGRI Semarang