PENGGUNAAN ALAT PERAGA MULTY BOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA PADA SISWA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 5 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2008/2009
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yakni apakah penggunaan alat
peraga Multy Board dapat meningkatkan hasil belajar IPA Fisika
pada materi cermin siswa kelas VIII A di SMP Negeri 5 Demak?
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA
fisika pada materi cermin siswa kelas VIII A di SMP Negeri 5
Demak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan di kelas VIII A SMP Negeri 5 Demak pada semester
genap Tahun Pelajaran 2008 / 2009 yang terdiri dari 27 siswa
laki-laki dan 16 siswa perempuan meliputi dua siklus. Hasil siklus
dianalisis dengan cara mengolah nilai tes siswa sebelum dilakukan
tindakan dan setelah dilakukan tindakan melalui dua siklus
tersebut. Hasil belajar lebih meningkat, pada siklus pertama (1)
dari 43 siswa yang tuntas belajar 33 siswa ( 76,74 % ), sedang
pada siklus kedua (2) dari 43 siswa yang tuntas belajar mencapai
39 siswa ( 90,70 % ) sehingga mengalami peningkatan dari siklus
pertama (1) ke siklus kedua (2) sebesar 13,96 %. Berdasarkan
analisis data disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga ?óÔé¼?Ømulti
board?óÔé¼?Ø dalam pembelajaran IPA-Fisika dapat meningkatkan
pemahaman konsep pembentukan bayangan pada cermin sehingga
hasil belajarnyapun meningkat.
peraga Multy Board dapat meningkatkan hasil belajar IPA Fisika
pada materi cermin siswa kelas VIII A di SMP Negeri 5 Demak?
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA
fisika pada materi cermin siswa kelas VIII A di SMP Negeri 5
Demak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan di kelas VIII A SMP Negeri 5 Demak pada semester
genap Tahun Pelajaran 2008 / 2009 yang terdiri dari 27 siswa
laki-laki dan 16 siswa perempuan meliputi dua siklus. Hasil siklus
dianalisis dengan cara mengolah nilai tes siswa sebelum dilakukan
tindakan dan setelah dilakukan tindakan melalui dua siklus
tersebut. Hasil belajar lebih meningkat, pada siklus pertama (1)
dari 43 siswa yang tuntas belajar 33 siswa ( 76,74 % ), sedang
pada siklus kedua (2) dari 43 siswa yang tuntas belajar mencapai
39 siswa ( 90,70 % ) sehingga mengalami peningkatan dari siklus
pertama (1) ke siklus kedua (2) sebesar 13,96 %. Berdasarkan
analisis data disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga ?óÔé¼?Ømulti
board?óÔé¼?Ø dalam pembelajaran IPA-Fisika dapat meningkatkan
pemahaman konsep pembentukan bayangan pada cermin sehingga
hasil belajarnyapun meningkat.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v1i1.109
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]