Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berorientasi Hots untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Diri
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan diri dan hasil belajar siswa dengan mengimplementasikan model pembelajaran inkuiri terbimbing beorientasi HOTS pada materi Hukum Newton tentang gravitasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kotaagung dengan melibatkan 34 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala kemampuan diri dan lembar tes soal hukum Newton tentang gravitasi. Data yang diperoleh pada penelitian dianalisis menggunakan N-Gain dan uji paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor rata-rata kemampuan diri mengalami peningkatan N-Gain sebesar 0,33 dan N-Gain pada skor rata-rata hasil belajar sebesar 0,54.Terdapat perbedaan kemampuan diri dengan hasil belajar secara signifikan antara pretest dan posttest memperoleh asymp sig.(2-tailed) < 0,005. Selain itu, hubungan kemampuan diri dengan hasil belajar diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,001 dengan nilai pearson correlation sebesar 0,558.
Kata kunci: Inkuiri terbimbing, Hasil Belajar, Kemampuan Diri
Full Text:
PDFReferences
Finnajah M., Eko S. K., & Siska, D. F. (2016). Pengembangan Modul Fisika SMA Berbasis Multi Representasi Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Prembun Tahun Ajaran 2015/2016. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika. Vol. 8 (1) hal. 1.
Zahara, R. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Subpokok Materi Hubungan Hasil Kali Kelautan Dan Pengendapan. Jurnal Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan UPI. Bandung.
P. Nauli and J. M. Sinambela, “Mario Sinambela adalah Dosen Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan,” 2013.
Andriani, N. (2013). Prosiding Simposium Nasional Inovasi Pembelajaran dan Sains 2011 (SNIPS 2011). Efektifitas Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Cahaya di Kelas VIII SMP Negeri 2 Muara Padang. 22-23 Juni 2011.
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Tangkas, I. M. (2012). Pengaruh implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas X SMAN 3 Amlapura. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(1).
Nurfatimah, T. R. (2017). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1Kasihan Bantul Pokok Bahasan Hukum Gravitasi Newton. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Hermayani, A.Z., Dwiastuti, S., & Marjono. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Ekosistem Melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing. Bioedukasi. 6(2): 79-85.
Asni, Wildan, & Hadisaputra. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Materi Pokok Hidrokarbon pada kelas XI PMIPA SMAN 1 Woha Tahun Ajaran 2019/2020. Chemistry Education Practice. 3(1): 17-22.
Purwanto , Andik (2012) Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMA Negeri 8 Kota Bengkulu dengan Menerapkan Model Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Fisika. EXACTA, 10 (2): 133-135.
Wahyuni, R., Hikmawati, H., & Taufik, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 164-169.
Robbins, Stephen P. & Timothy, A. Judge. (2008). Perilaku Organisai Organizational Behavior. Jakarta: Salemba Empat.
Huda, M., & Arief, A. (2013). Pengaruh multiple intelligences menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan listrik dinamis kelas X Di SMAN 1 Porong. Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3): 34-37.
DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i1.10967
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]