Abstrak Software Soundcard Osciloscope V1.40 adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menampilkan suara dalam bentuk grafik spektrum frekuensi maupun panjang gelombang. Dengan kemampuan tersebut software ini berpotensi untuk dapat digunakan sebagai alat ukur frekuensi dalam praktikum efek dopler. Tulisan ini akan melaporkan hasil studi kelayakan pemanfaatan Software Soundcard Osciloscope V1.40 untuk praktikum efek Dopler. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh besaran frekuensi menggunakan Software Soundcard Oscilloscope V1.40 dan membandingkan hasil eksperimen dengan teori. Penelitian ini dimulai dari uji tanggapan frekuensi Software tersebut terhadap sumber suara yang telah diketahui frekuensinya. Lalu, dilanjutkan dengan uji tanggapan frekuensi pada sumber bunyi yang belum diketahui frekuensinya. Setelah itu, digunakan untuk mengukur frekuensi sumber bunyi ketika dalam keadaan diam dan bergerak. Terakhir membandingkan hasil eksprimen dengan hasil teori menurut efek Dopler. Berdasarkan hasil eksperimen dan hasil teori diketahui bahwa pola grafik yang dibentuk sama-sama linier, sedangkan perbedaan hasil keduanya semakin kecil jika frekuensi suara semakin kecil. Dengan demikian software osciloskop dapat digunakan untuk praktikum efek Dopler. Kata kunci: software soundcard osciloscope, praktikum efek Dopler.
Sugiyono 2012 Metode Penelitian (Jakarta: Remaja Rosdakarya)
Supasorn S 2012 Enhancing undergraduates conceptual understanding of organic acid-base-neutral extraction using inquiry-based experiments Procedia-Social and Behavioral Sciences. vol 46 pp 4643-4650
Șimșek P and Kabapinar F 2010 The effects of inquiry-based learning on elementary students’ conceptual understanding of matter, scientific process skills and science attitudes Procedia Social and Behavioral Sciences vol 2 pp 1190–1194
Aryanto D dan Susilawati 2013 Aplikasi alat viskositas fluida berbasis mikrokontroler untuk meningkatkan pemahaman konsep dan sikap ilmiah mahasiswa Laporan Penelitian APBI IKIP PGRI 2011-2012 (Semarang: IKIP PGRI Semarang)
Gillies R M, Nichols K, Burgh G dan Haynes M 2013 Primary students’ scientific reasoning and discourse during cooperative inquiry-based science activities International Journal of Educational Research http://dx.doi.org/10.1016/j.ijer.2013.01. 001
Serwey and Jewett 2004 Physics for Scientists and Engineers sixth editio (California : Thomson Books)
Tipler P A 2004 Physics for Scientists and Engineers (New York: W.H. Freeman and Company)
Halliday D and Resnick R 2011 Physics (New York: John wiley & Sons, Inc.)