Pemberdayaan Keterampilan Argumentasi Mendorong Pemahaman Konsep Siswa

Viyanti Viyanti, Cari Cari, Widha Sunarno, Zuhdan Kun Prasetyo

Abstract


Abstrak. Penelitian bertujuan memberdayakan keterampilan argumentasi untuk mendorong pemahaman konsep siswa pada materi terapung dan tenggelam. Penelitian difokuskan pada 1) identifikasi keterampilan argumentasi yang dapat diberdayakan dan 2) identifikasi pemahaman konsep siswa setelah diberdayakan keterampilan argumentasi. Populasi penelitian adalah siswa SMA kelas XI di kota Bandar Lampung. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling untuk 2 kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa fokus memberdayakan keterampilan argumentasi (elemen claim) tanpa memberdayakan elemen keterampilan argumentasi lainnya, hal ini berdampak pada lemahnya pemahaman konsep materi terapung dan tenggelam siswa. Idealnya pemberdayaan keterampilan argumentasi secara utuh berdampak pada perluasan pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian ini menjadi rujukan untuk melakukan penelitian selanjutnya guna memperoleh perubahan positif memberdayakan keterampilan argumentasi yang secara langsung meningkatkan pemahaman konsep siswa menjadi lebih baik.
Kata kunci: Pemahaman konsep, keterampilan argumentasi

Full Text:

PDF

References


Toulmin S, Rieke R dan Janik A 1984 An introduction to reasoning (Upper Saddle Ridge,NJ: Prentice Hall)

Bulgren, J A and Ellis J D 2012 Argumentation and evaluation intervention in science classes: Teaching and learning with Toulmin. In M.S. Kline (Ed.) Perspectives on scientific argumentation: Theory, practice, and research (New York, NY: Springer.Middleton 1990) pp 135-154

National Research Council. (2012) A Framework for K-12 Science Education: Practices,Crosscutting Concepts, and Core Ideas Washington, DC: National Academies Pres

Osborne J, Erduran S and Simon S 2004 Enhancing the quality of argumentation in School science Journal of Research in Science Teaching vol 41(10) pp 994–1020

Jiménex-Aleixandre M P, Rodríguez A B dan Duschl R 2000 “Doing The Lesson”or“Doing Science”: Argument in High School Genetics (Science Education)

Bulgren J, Ellis J and Marquis J 1991 The use and effectiveness of an argumentation and evaluation intervention in science classes Journal of Science Education and Technology vol 23(1) pp 82-97

Kuhn D 1992 Thinking as argument Harvard Educational Review vol 62(2) pp 155-178

Zeidler D L 1997 The central role of fallacious thinking in science education Science Education vol 81 pp 483 – 496

Erduran S, Simon S and Osborne J 2004 TAPping into argumentation: developments in the application of Toulmin's argument pattern for studying science discourse Science Education vol 88 pp 915-933

Tomita M and Yin Y 2007 Promoting conceptual change through formative assessment in the science classroom. Paper presented at the Hawaii Educational Research Association annual conference Honolulu

Kelly G J and Duschl R A 2002 Toward a research agenda for epistemological studies in science education Paper presented at the Annual Meeting of NARST (New Orleans LA)




DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i1.1152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats