Pengembangan Buku Ajar IPA Fisika Berbasis Proyek SMP Kelas VII Semester I
Lylan Alfiani Wijaya, Harto Nuroso, Joko Siswanto
Abstract
Abstrak. Salah satu penilaian otentik dalam KTSP adalah berupa tugas proyek yaitu kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam waktu tertentu. Pelaksanaan tugas proyek dengan baik di dalam pembelajaran membutuhkan model pembelajaran berbasis proyek. Akan tetapi, tugas proyek di buku belum spesifik dan tidak bisa digunakan secara mandiri oleh siswa sehingga perlu pengembangan buku ajar berbasis proyek untuk siswa smp kelas VII semester 1. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan buku ajar ipa fisika adalah jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian dilaksanakan di SMP N 37 Semarang Kelas VII dengan sampel yaitu kelas kontrol di VII H dan kelas eksperimen di VII G. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu metode tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa perlu dikembangkannya buku ajar IPA FISIKA berbasis proyek untuk siswa SMP kelas VII semester 1 karena belum tersedia di sekolah baik dari guru maupun dari dinas pendidikan. Efektivitas buku ajar berbasis proyek dapat dilihat dari hasil perhitungan uji t diperoleh data nilai posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai thitung sebesar 6,46. Nilai tabel pada dk = 62 dan pada derajat kepercayaan 95% diperoleh sebesar 1,9993. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Dapat disimpulkan bahwa buku ajar efektif terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : Pembelajaran Berbasis Proyek, Pengembangan Buku Ajar, IPA FISIKA
Santyasa I W 2006 Pembelajaran Inovatif: Model Kolaboratif, Basis Proyek, dan Orientasi NO (Seminar Universitas Pendidikan Ganesha Semarapura 27 Desember 2006)
Olivia Femi 2014 Asyik Mind Mapping Pelajaran Sekolah (Jakarta:Elek Media Komputindo)
Prastowo Andi 2012 Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Cetakan ke-4 (Yogyakarta: Diva Press)
Prastowo Andi 2013 Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik (Jakarta: Kencana Prenamedia group)
Sugiyono 2010 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta