UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ALAT OPTIK SISWA KELAS X SEMESTER II SMAN 1 SEMARANG DENGAN MENERAPKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERVISI SETS

Tri Wijayanti Trisnaningsih

Abstract


Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan yang
difokuskan pada pemahaman visi SETS (Science, Environment,
Technology,and Society), peningkatan aktivitas dan hasil belajar
siswa. Subyek penelitian terdiri dari 39 siswa kelas X.10 yang
ditentukan secara acak (random sampling groups) dari 9 kelas
reguler yang ada di SMA 1. Peningkatan aktivitas belajar diketahui
melalui observasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Skor
rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I 56,6% meningkat
menjadi 67,8% pada siklus II dan 71,5% pada siklus III. Peningkatan
hasil belajar siswa diukur melalui tes pemahaman konsep alat optik di
akhir pertemuan. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I
sebesar 77,14 dan mengalami kenaikan menjadi 78,08 pada siklus II
serta menjadi 83,51 pada siklus III. Ditinjau dari hasil belajarnya
secara keseluruhan menunjukkan adanya ketercapaian KKM yang
ditetapkan yaitu 75. Respon subyek terhadap pembelajaran yang
dilakukan ditentukan melalui pengisian kuesioner yang hasilnya
sebagian besar siswa menyatakan bahwa pembelajaran bervisi SETS
menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, kondusif
dan menambah wawasan.
Kata Kunci: aktivitas belajar, SETS, hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v2i1/April.126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats