PEMANFAATAN MICROSOFT EXCEL UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN GERAK DENGAN BANTUAN CAMTASIA STUDIO 4

Harto Nuroso, Akhmad Arifin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil UN mata pelajaran IPA
tahun pelajaran 2007/2008 untuk Kabupaten Kendal masih relatif
rendah. Hal ini mengindikasikan masih kurangnya pemahaman siswa
SMP tentang mapel IPA khususnya Fisika. Padahal sebenarnya siswa
memiliki potensi yang baik, tetapi karena ditangani oleh suatu proses
pembelajaran yang kurang berkualitas dan belum optimal, ditunjang
dengan kurangnya sarana dan prasarana pendidikan maka hasilnya
umumnya masih relatif rendah.
Metode penelitian adalah pengembangan yang meliputi 6 tahap,
yaitu : Concept, Design,Collecting materials, Assambly, Uji Coba,
Distribution.
Setelah Media pembelajaran selesai dibuat, kemudian dilakukan
penelitian tentang uji coba produk kepada Ahli Pemrograman
Komputer, Ahli pembelajaran/ guru fisika, dan kepada siswa kelas VII
SMP sebagai pengguna produk ini.
Data yang diperoleh melalui uji coba menunjukkan bahwa media
pembelajaran Fisika dengan memanfaatkan Microsoft Excel dengan
bantuan Camtasia 4 layak digunakan untuk media pembelajaran bagi
guru dan siswa secara mandiri. Setelah dilakuakn ujicoba di kelas
kecil menunjukkan ketertarikan siswa dengan media pembelajaran ini.
Hasil evaluasi di akhir pembelajaran juga menunjukkan nilai yang
baik yaitu rata-rata 7,8.
Kata kunci : Media, Microsoft Excel, Camtasia Studio 4

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v2i1/April.128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats