Model Pengelolaan Pembelajaran POMER untuk Mengembangkan Bodily Kinesthetic dan Interpersonal Skill Peserta Didik

Ngurah Ayu Nyoman Murniati, Duwi Nuvitalia, Masrikan Masrikan, Sutardi Sutardi

Abstract


Tantangan zaman membawa pergeseran paradigma pendidikan. Tantangan tersebut menjadi latar belakang utama pergeseran kompetensi peserta didik di sekolah. Pembentukan pribadi yang cerdas, mandiri, bermartabat, dan memiliki kesiapan untuk melakukan kerja menjadi capaian utama pembelajaran. Oleh karena itu, inovasi pengelolaan pembelajaran diperlukan dalam mencapai tujuan tersebut. Pengembangan bodily kinesthetic dan interpersonal skill peserta didik dikemas melalui pengelolaan pembelajaran sains (khususnya IPA dan Fisika) dengan model POMER (Planning, Organizing, Maximizing The Potential, Evaluating, Reflecting). Model ini dibangun dan dikembangkan dalam penelitian Research and Development. Hasil validasi ahli menunjukkan model POMER layak digunakan sebagai model pengelolaan pembelajaran sains dengan tingkat kelayakan 83,33%. Hal ini berarti pengelolaan pembelajaran sains dapat ditingkatkan untuk memaksimalkan potensi peserta didik. Model POMER lebih meningkatkan pengembangan potensi kinestetik dan interaktif peserta didik. Potensi kinestetik dapat dikembangkan dalam bodily kinaesthetic skill dan interaktif dapat dikembangkan melalui interpersonal skill. Penelitian direkomendasikan pada guru IPA dan guru Fisika dalam mengemas pembelajaran POMER untuk memaksimalkan potensi peserta didik melalui pengembangan bodily kinesthetic dan interpersonal skill.
Kata kunci: Model Pengelolaan Pembelajaran, POMER, bodily kinesthetic dan interpersonal skill

Full Text:

97-102

References


Nuh M 2013 Pengembangan Kurikulum 2013 (Paparan Mendikbud Sosialisasi K13)

Loughran J P Muhall and Berry A 2006 Understanding and Developing Science Teacher Pedagogical Content Knowledge (The Nederlands: Sense Publisher)

Gultom S 2013 Kerangka Dasar dan Struktur Peminatan Kurikulum 2013 ( Paparan dalam Sosialisasi Kurikulum 2013)

Roof L M and Kreuitter C A 2010 . The TPRS Puzzle: Effective Story Telling in a

LOTE Classroom (Journal for Teacher Reseach Networks) vol 12 no 1 pp 10-14

Sitorus M 2013 Manfaat Mengembangkan Kemampuan Interpersonal (http://www. linkendin.com. (diunduh 2 Mei 2016)

Johson D W 2002 Reaching out: interpersonal effectiveness and self-actualization Englewood Cliffs (N.J: Prentice-Hall).




DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i2.1303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats