Penerapan Metode Demonstrasi pada materi Asam Basa Garam untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik

Subrata Subrata

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode demonstrasi dan diskusi - informasi pada materiAsam Basa dan Garam. Penelitian dilaksanakan di kelas VII B SMP Negeri 15 Semarang pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan menerapkan metode demonstrasi disertai diskusi-informasi sesuai dengan perencanaan. Berdasarkan hasil analisisdengan menggunakan angket, observasi, wawancara dan tes maka diperoleh peningkatan hasil belajar yang signifikan.Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat berdasarkan penilaian diri dan pengamat pada siklus I dan siklus II yaitu dari 87,3% menjadi 96,3%.Sedangkan peningkatan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I dan II yaitu dari 59,4% menjadi 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pambelajaran dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Metode Demonstras, Aktivitas Siswa, Hasil belajar.

Full Text:

103-108

References


Nurhayati, Fadilah S, Mutmainah 2014 Penerapan Metode Demonstrasi Berbantu Media Animasi Software Phet Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Listrik Dinamis Kelas X MAN I Pontianak Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya ( JPFA ) vol 4 no2:1-7

Baharudin dan Wahyuni EN 2010 Teori Belajar dan Pembelajaran (Jogjakarta: Ar- Ruzz Media)

Kurniasih I dan Sani B 2015 Ragam Pengembangan Model Pembelajaran (Jogjakarta: Kata Pena)

Permendiknas No.41 th. 2007 tentang Standar Proses Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta

Dahyana 2014 Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Terpadu Jurnal Nalar Pendidikan vol 2 no 2 : 200 – 206

Sari AT Bektiarso S Yushardi 2012 Penerapan Model Pembelajaran Generatif Dengan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Fisika di SMP Jurnal Pembelajaran Fisika vol 1 no 2 : 145 – 151

Hakim K Akhdinirwanto RW Ashari 2013 Penerapan Metode Demonstrasi oleh Tutor Teman Sebaya untuk Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 Jurnal Radiasi Vol 3 no 2 : 174 – 176

Sudjana N 2014 Dasar – dasar Proses Belajar Mengajar (Bandung: Sinar Baru Algensindo).




DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i2.1304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats