Keefektifan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) terhadap Kemampuan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI

Nur Khoiri, Anni Marinia, Wawan Kurniawan

Abstract


Telah dilakukan Penelitian untuk mengetahui pengaruh model PjBL (Project Based Learning) terhadap kemampuan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dalam bentuk Pretest-Posttest Kelompok Kontrol Subjek Random. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gubug. Sampel penelitian dipilih secara random. Didapatkan kelas XI IPA 6 sebagai kelas Eksperimen dan XI IPA 5 sebagai kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data berupa metode tes, observasi, dan dokumentasi. Pada uji normalitas dan homohenitas diperoleh pada kelas eksperimen dan kontrol, populasi normal dan homogen. Pada uji t hasil belajar siswa diperoleh thitung> ttabel, sehingga disimpulkan model pembelajaran PjBL efektif terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan uji gain diperoleh kesimpulan yaitu ada perbedaan antar model PjBL dengan konvensional dengan kategori sedang. Pada uji persen diperoleh %eks > %kon pada kreativitas siswa. Dari hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa model PjBL efektif terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : PjBL (Project Based Learning), kreativitas, hasil belajar

Full Text:

142-146

References


Sutamto 2010 Tantangan Guru pada Abad Ke-21. http://sutamto.wordpress.com/2010/04/10/tantangan/guru/pada/abad-ke-21/ (diakses pada 2 Nopember 2015)

Djamarah S B 2010 Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta)

Thobroni M and Mustofa A 2011 Belajar dan Pembelajaran, Mengembangkan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Arizona N A 2013 Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kualitas dan Hasil Belajar Geografi Peserta Didik pada Materi Interaksi Manusia dan Lingkungan dalam Dinamika Hidrosfer http://jurnal.fkip.uns.ac.id (di akses pada 1 Nopember 2015)

Suprijono A 2011 Cooperative Learning (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)

Sani R A 2014 Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013 Jakarta: Bumi Aksara

Rezeki R D 2015 Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) disertai dengan Peta Konsep untuk Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Redoks Kelas X-3SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2013/2014 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia (diakses pada 5 Nopember 2015)

Huda C Siswanto J Kurniawan A F dan Nuroso H 2016 Development of multi-representation learning tools for the course of fundamental physics Journal of Physics: Conference Series vol 739 no 1 pp 1–4

Sugiyono 2013 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta)

Arikunto S 2012 Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara)

Maula M M 2014 Pengaruh Model PjBL (Project Based Learning) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengelolaan Lingkungan repository.unej.ac.id. (diakses pada 1 Nopember 2015)




DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i2.1309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats