Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada materi termodinamika

Ahmad Fadhil Bima, Widodo Widodo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Index Card Match terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi termodinamika. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen design dengan model penelitian one group pretest posttest. Sampel penelitian adalah kelas XI Keperawatan 3. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian mengggunakan instrumen tes berupa essay. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkannya strategi pembelajaran Index Card Match dimana tobservasi lebih besar dari ttabel yakni 2,060<10,050>2,787. Besarnya peningkatan hasil belajar sebelum dan setelah diterapkannya strategi pembelajaran Index Card Match adalah 7,69% menjadi 84,62%.

Full Text:

PDF

References


Silberman M L 2013 Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif (Bandung: Nuansa Cendekia)

Zaini H Munthe B dan Aryani S A 2008 Strategi Pembelajaran Aktif (Yogyakarta: Pustaka Insan Madani)

Nurhidayah I dan Syafik A 2014 Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Active Learning dengan Strategi Index Card Match Jurnal Pendidikan Matematika vol 11 no 1 pp 23-28

Anastasia Margiati K Y dan Marl M 2014 Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Teknik Index Card Match pada Pembelajaran Matematika Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran vol 3 no 2

Syafira V Azhar dan Sahal M Hasil Belajar Kognitif IPA Fisika melalui Penerapan Strategi Index Card Match pada Materi kalor di Kelas VII-4 SMPN 20 Pekanbaru Skripsi (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Riau)

Prawira S N P S Zulaikha S dan Negara I G A O 2014 Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match terhadap hasil Belajar IPS Siswa SD e-Journal Mimbar PGSD vol 2 no 1

Kresnanto D 08 Oktober 2016 Metode Pembelajaran Index Card Match https://nongkrongplus.wordpress.com/2012/03/15/metode-pembelajaran-index-card-match/

Sudijono A 2012 Pengantar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada)

Supratiknya A 2012 Penilaian Hasil Belajar dengan Teknik Nontes (Yogyakarta: Universitas Sanata Darma)

Aunurrahman 2014 Belajar dan Pembelajaran (Bandung: Alfabeta)

Nurhayati Darminto B P dan Astuti E P 2014 Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Index Card Match. Vol 8 no 2 pp 122-127

Astika R A Khair A dan Rachmah S S 2014 Strategi Index Card Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Skripsi (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung).




DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v8i1.1333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats