Konsistensi Konsepsi Siswa Melalui Penerapan Model Interactive Lecture Demonstration Pada Materi Gelombang Mekanik

Iis Nawati, Duden Saepuzaman, Andi Suhandi

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang Konsistensi Konsepsi Siswa Melalui Penerapan Model Interactive Lecture Demonstration Pada Materi Gelombang Mekanik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang konsistensi konsepsi siswa sebagai efek dari penerapan model Interactive Lecture Demonstration dalam materi gelombang mekanik. Penelitian ini menggunakan metode pre experimental dengan one group posttest design. Dengan populasi kelas XII pada salah satu SMA di kota Cimahi, Jawa Barat. Sedangkan sampelnya yaitu satu kelas yang dipilih secara acak kelas dari  enam kelas yang ada  di sekolah tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes konsepsi yang berbentuk three-tier test serta lembar keterlaksanaan model Interactive Lecture Demonstration. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsistensi konsepsi siswa untuk konsep  faktor-faktor yang mempengaruhi cepat rambat gelombang sebesar 0,48 dengan kategori tidak konsisten, konsep tentang periode gelombang berjalan sebesar 1,16 dengan kategori tidak konsisten, konsep frekuensi gelombang berjalan sebesar 0,84 dengan kategori tidak konsisten, konsep frekuensi pada gelombang stasioner sebesar 1,28 dengan kategori cukup konsisten dan konsep panjang gelombang pada gelombang stasioneri sebesar 0,76 dengan kategori tidak konsisten

Full Text:

PDF

References


Alfiani 2015 Analisis Profil Miskonsepsi dan Konsistensi Konsepsi Siswa SMA pada Topik Suhu dan Kalor (Prosiding Seminar Nasional Fisika SNF 2015) vol IV

Tongchai A 2011 Consistency of Students’ Conceptions of Wave Propagation: Findings from a Conceptual Survey in Mechanical Waves (Phys. Rev. ST Phys. Educ. Res) vol 7 iss 2 pp 1-11

Mardiana R Analisis Konsistensi Konsepsi Siswa Menggunakan Model Analysis Berdasarkan Pengalaman Belajar Fisika pada Materi Gelombang (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains) vol 20 no 1 hal

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) 18 November 2014 Kamus Versi Online/Daring (dalamjaringan) http://kbbi.web.id

Crouch C 15 Januari 2016 Interactive Lecture Demonstration http://serc.carleton.edu/introgeo/demonstrations/index.html

Nieminen P Savinainen A and Viiri J 2010 Force Concept Inventory-based Multiple-choice Test for Investigating Students’ Representational Consistency (Physical Review Special Topics - Physics Education Research) vol 6 no 2 pp 020109.




DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v8i1.1334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats