Konsistensi Konsepsi Siswa Melalui Penerapan Model Interactive Lecture Demonstration Pada Materi Gelombang Mekanik
Iis Nawati, Duden Saepuzaman, Andi Suhandi
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang Konsistensi Konsepsi Siswa Melalui Penerapan Model Interactive Lecture Demonstration Pada Materi Gelombang Mekanik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang konsistensi konsepsi siswa sebagai efek dari penerapan model Interactive Lecture Demonstration dalam materi gelombang mekanik. Penelitian ini menggunakan metode pre experimental dengan one group posttest design. Dengan populasi kelas XII pada salah satu SMA di kota Cimahi, Jawa Barat. Sedangkan sampelnya yaitu satu kelas yang dipilih secara acak kelas dari enam kelas yang ada di sekolah tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes konsepsi yang berbentuk three-tier test serta lembar keterlaksanaan model Interactive Lecture Demonstration. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsistensi konsepsi siswa untuk konsep faktor-faktor yang mempengaruhi cepat rambat gelombang sebesar 0,48 dengan kategori tidak konsisten, konsep tentang periode gelombang berjalan sebesar 1,16 dengan kategori tidak konsisten, konsep frekuensi gelombang berjalan sebesar 0,84 dengan kategori tidak konsisten, konsep frekuensi pada gelombang stasioner sebesar 1,28 dengan kategori cukup konsisten dan konsep panjang gelombang pada gelombang stasioneri sebesar 0,76 dengan kategori tidak konsisten
Alfiani 2015 Analisis Profil Miskonsepsi dan Konsistensi Konsepsi Siswa SMA pada Topik Suhu dan Kalor (Prosiding Seminar Nasional Fisika SNF 2015) vol IV
Tongchai A 2011 Consistency of Students’ Conceptions of Wave Propagation: Findings from a Conceptual Survey in Mechanical Waves (Phys. Rev. ST Phys. Educ. Res) vol 7 iss 2 pp 1-11
Mardiana R Analisis Konsistensi Konsepsi Siswa Menggunakan Model Analysis Berdasarkan Pengalaman Belajar Fisika pada Materi Gelombang (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains) vol 20 no 1 hal
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) 18 November 2014 Kamus Versi Online/Daring (dalamjaringan) http://kbbi.web.id
Crouch C 15 Januari 2016 Interactive Lecture Demonstration http://serc.carleton.edu/introgeo/demonstrations/index.html
Nieminen P Savinainen A and Viiri J 2010 Force Concept Inventory-based Multiple-choice Test for Investigating Students’ Representational Consistency (Physical Review Special Topics - Physics Education Research) vol 6 no 2 pp 020109.