Kendala-Kendala Pembelajaran Multi Representasi Berbasis Investigation Dalam Pembelejaran Fisika
Joko Siswanto, Endang Susantini, Budi Jatmiko
Abstract
Kami telah mendesain model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah fisika. Model pembelajaran tersebut disebut Investigation Based Multiple Representation (IBMR). Model pembelajaran IBMR memiliki sintaks orientasi, investigasi, multi representasi, implementasi, dan komunikasi. Makalah ini memaparkan kendala-kendala model pembelajaran IBMR. Uji coba dilaksanakan pada perkuliahan fisika dasar di mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang. Pada saat pembelajaran berlangsung, dilakukan observasi kendala-kendala setiap fase model pembelajaran IBMR. Kendala yang ditemukan antara lain kemampuan penggunaan alat dan merangkai alat percobaan
Siswanto J, Susantini E dan Jatmiko B 2016 Kepraktisan Model Pembelajaran Investigation Based Multiple Representation (IBMR) dalam pembelajaran Fisika (Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika) Vol 7 no 2
Moreno R 2010 Educational Psycology (New York: John Wiley & Sons Inc.)
Siswanto J, Susantini E dan Jatmiko B 2016 The Role of Scientific Investigations in Learning Physics with Multiple Representation Proceeding ISSE UNY
Nieveen N 1999 Prototyping to Reach Product Quality. In J. vam den Akker,R Branch,K Gustafson, N Nieveen and Tj.Plomp (Eds). Design Approaches and Tools in Education and Training (hlm. 125-136) (Dodrecht : Kluwer Academic Publisher)
Uno H B 2011 Perencanaan Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara)
Majid A 2006 Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru) (Bandung: Remaja Rosdakarya)
Plomp T 2007 Educational design research an introduction. Plomp T And Nieveen N. (eds). An Introduction to Educational Design Research. In Proceeding of the Seminar Conducted at The East China Normal University pp 9-35.